HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Disebut jarang masuk kantor, anggota DPRD Merauke Fransiskus Sirfefa angkat bicara

Kinerja DPRD Merauke Papua
Anggota DPRD Merauke, Fransiskus Sirfefa (kiri) didampingi Ketua Fraksi Partai Gerindra, Agus Eko Prasetyo (kanan) usai memberikan keterangan pers. – Jubi/Frans L Kobun

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau DPRD Kabupaten Merauke, Papua, Fransiskus Sirfefa angkat bicara setelah disebut jarang masuk kantor oleh Ketua DPRD Merauke, Benjamin Latumahina. Sirfefa mengaku terkejut dengan tudingan itu, karena selama ini ia justru aktif menghadiri berbagai kegiatan DPRD Merauke.

Sirfefa yang berasal dari Partai Gerinda menggelar keterangan pres di Merauke, Papua, pada Jumat (10/7/2020). Dalam keterangan pers yang didampingi Ketua Fraksi Gerindra DPRD Merauke, Agus Eko Prasetyo itu, Sirfefa mengaku terkejut disebut Benjamin Latumahina jarang berkantor. “Jujur saya cukup shock [disebut] jarang masuk kantor,” kata Sirfefa.

Sirfefa menyatakan pekan lalu ia masih mengikuti rapat kerja DPRD Merauke yang dipimpin Benjamin Latumahina. “Setelah rapat, kita lanjutkan monitoring ke distrik, dan [surat perjalanan dinas itu] ditandatangani pimpinan dewan. Kok tiba tiba ada pemberitaan seperti begini? Apakah mata saya kurang baik dalam melihat, ataukah mungkin beliau tak memandang saya,” tanya Sirfefa.

Sirfefa telah menanyakan pernyataan Benyamin Latumahina itu kepada pimpinan Fraksi Gerindra DPRD Merauke, dan diberitahu bahwa pimpinan DPRD Merauke tidak pernah mempermasalahkan kinerjanya. Sirfefa menyatakan Dewan Kehormatan (DK) DPRD Merauke juga tidak bersurat ataupun melayangkan panggilan kepadanya. “Saya juga telah melakukan konfirmasi ke DK DPRD Merauke  dan benar tidak adanya surat pemanggilan,” katanya.

Sirfefa menilai pernyataan Ketua DPRD Merauke Benjamin Latumahina tidak beretika dan tidak sesuai dengan fakta. “[Saya] tidak tahu apa maksud pernyataannya,” kata Sirfefa.

Baca juga: Jarang masuk, anggota DPRD Merauke Fransiskus Sirfefa jadi sorotan

Jika kinerjanya sebagai anggota DPRD Merauke dinilai buruk, Sirfefa meminta Benjamin Latumahina mengikuti mekanisme dan aturan yang berlaku di DPRD Merauke. “Kan ada aturannya. Harusnya fraksi memanggil saya, dan jika [saya] membangkang,  ada panggilan secara lisan dari DK DPRD Merauke. Jika saya membangkang lagi, surat dikeluarkan. Itulah mekanismenya,” ujar Sirfefa.

Loading...
;

Ia menilai pernyataan Latumahina yang dikutip media menimbulkan berbagai spekulasi, termasuk pemikiran orang bahwa DPRD Merauke tidak berjalan sesuai aturan. “Saya merasa risih dan tak nyaman ketika Benjamin Latumahina menyebutkan nama saya tanpa disamarkan. Saya ini pejabat politik, dan mempunyai konstituen. Di lain sisi, saya juga Bakal Calon Bupati Merauke yang maju [dalam Pilkada Serentak 2020 di Papua]. [Pernyataan saya jarang berkantor itu] sangat mengganggu dan merugikan saya,” tegasnya.

Sirfefa meminta Latumahina menimbang dulu setiap akan memberikan pernyataan kepada publik. Ia menyatakaan pernyataan Latumahina soal kinerjanya bernuansa politis, dan harus diklarifikasi sebelum menjadi blunder. “Kita  di lembaga dewan [jangan] asal mengeluarkan pernyataan. Nanti marwah lembaga tidak ada, dan akan dipermalukan publik,” tegasnya lagi.

Sirfefa menyatakan akan mengadukan masalah itu ke polisi. “Dalam waktu dekat saya bawa laporan ke kepolisian, sehingga dilakukan klarifikasi. Saya tak terima disebut dalam tulisan. Nama saya telah dicemarkan, dan itu adalah pembunuhan karakter. Saya akan mengambil langkah hukum, secepatnya,” ujarnya.

Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Merauke, Agus Eko Prasetyo menambahkan, dirinya tak pernah mendapatkan surat pemanggilan atau teguran terhadap Fransiskus Sirfefa. “Secara partai dan sesama anggota dewan, kami sering berkomunikasi. Kebetulan beliau sedang mengikuti hajatan lima tahunan mencalonkan diri sebagai kepala daerah di Merauke,” katanya. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top