Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Dishub : Seluruh Bandara di Papua sudah gunakan alat pengukur suhu tubuh

Bandara Sentani di Kabupaten Jayapura. dok Jubi
Dishub : Seluruh Bandara di Papua sudah gunakan alat pengukur suhu tubuh 1 i Papua
Bandara Sentani di Kabupaten Jayapura. dok Jubi

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Dinas Perhubungan atau Dishub Provinsi Papua mengaku sangat yakin seluruh otoritas Bandar Udara (Bandara) yang ada di Papua sudah menyiapkan petugas dengan dilengkapi alat pemindai suhu tubuh untuk memeriksa setiap penumpang yang baru turun dari pesawat.

Kepala Dinas Perhubungan Papua Reky Douglas Ambrauw, mengatakan sebelum adanya informasi masuknya virus corona ke Indonesia, Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura sudah melakukan pemeriksaan suhu tubuh setiap penumpang meskipun masih dilakukan secara manual dengan menggunakan thermometer infrared.

Dishub : Seluruh Bandara di Papua sudah gunakan alat pengukur suhu tubuh 2 i Papua

“Itu dilakukan tim dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) kelas satu Bandara Sentani, dan saya rasa itu bagus karena setiap penumpang (siapapun itu) akan dicek suhu tubuhnya, kalau melebihi batas normal pasti akan ada tindakan yang dilakukan,” kata Reky di Jayapura, Minggu (8/3/2020).

Ia menilai, apa yang dilakukan jajaran KKP sudah sangat tepat sehingga perlu didukung oleh masyarakat dan instansi terkait lainnya, sebab lebih baik mencegah dari pada mengobati. Apalagi katanya, tahun ini (2020) di Papua akan ada event besar, yakni Pekan Olahraga Nasional XX.”Setidaknya sebelum PON semua kondisi harus dipastikan aman dan benar-benar siap,” ujarnya.

Sementara itu. untuk pengamanan jalur laut (Pelabuhan), ujar ia, sesuai laporan yang ia terima belum ada yang dilengkapi alat pengukur tubuh . Dengan demikian, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan otoritas Pelabuhan yang ada di Papua untuk juga memberlakukan pemeriksaan terhadap penumpang.

“Ke depan pasti di pelabuhan juga akan dipasang alat deteksi suhu tubuh, sehingga setiap penumpang yang masuk di pintu kedatangan akan lebih dulu melalui pemeriksaan,” katanya.

Loading...
;

Reky Douglas Ambrauw menambahkan, dalam waktu dekat pihaknya juga akan mengundang otoritas bandara dan pelabuhan serta instansi terkait, guna meminta laporan terkait upaya pencegahan virus corona yang sudah diterapkan.

“Intinya kami ingin pencegahan hingga penanganan terhadap lalu lintas warga melalui pelabuhan dan bandara bisa berjalan dengan sangat baik. Nanti kami akan koordinasikan lagi dengan otoritas yang ada, apalagi akan ada instruksi gubenur mengenai pencegahan virus corona,” ujarnya.

Secara terpisah, Lina, warga Entrop, Kota Jayapura membenarkan adanya pemeriksaan suhu tubuh bagi setiap penumpang di Bandara Sentani. Bahkan menurut ia, hal itu dilakukan bukan hanya satu petugas saja karena jumlah penumpang yang datang sangat banyak.”Saya sempat kaget lihat hal itu, tapi bagi saya apa yang dilakukan petugas karantina adalah hal yang wajar, mengingat efek dari wabah virus corona sangat menakutkan. Saya harap Papua akan selalu aman dari virus ini,” kata Lina. (*)

Editor: Syam Terrajana

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top