HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Disorda Papua pastikan pembangunan venue PON selesai sesuai kontrak

Stadion Papua Bangkit (SPABA) akan menjadi venue utama dan tempat pembukaan PON XX Papua 2020 mendatang. - Jubi/Dok
Disorda Papua pastikan pembangunan venue PON selesai sesuai kontrak 1 i Papua
Stadion Papua Bangkit (SPABA) akan menjadi venue utama dan tempat pembukaan PON XX Papua 2020 mendatang. – Jubi/Dok

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi Dinas Olaharaga dan Pemuda atau Disorda Papua memastikan pembangunan seluruh venue Pekan Olahraga Nasional atau PON XX Papua 2020 akan selesai sesuai kontrak, meskipun ada beberapa pengerjaan yang harus tertunda pengerjaannya. Hal itu disampaikan Kepala Disorda Papua Alexander Kapisa di Jayapura, Selasa (10/12/2019). 

Alexander Kapisa mengatakan meskipun pengerjaan venue softball, baseball, voli, dan tenis lapangan tidak akan selesai akhir tahun ini, seluruh pekerjaan tersisa telah dialihkan ke tahun 2020. Kapisa menyatakan semua pengalihan pekerjaan itu telah sesuai dengan aturan, yakni adendum waktu pelaksanaan. 

Disorda Papua pastikan pembangunan venue PON selesai sesuai kontrak 2 i Papua

“Ini terjadi karena adanya perubahan tempat. Seperti softball dan baseball yang awalnya akan dibangun di kawasan Kantor Otonom [dipindahkan lokasinya], karena harga tanah sangat mahal, Arena itu khirnya dibangun di daerah Auri dan Uncen,” kata Kapisa.

Meskipun penyelesaian pembangunan sejumlah arena terlambat, Kapisa meyakinkan hal itu tidak akan menjadi masalah dalam penyelenggaraan PON. Seluruh pengerjaan arena PON ditargetkan akan selesai pada Maret 2020. “Ini yang anggarannya dari Anggaran Pendapatan dan Belanda Daerah atau APBD Provinsi Papua,” ujarnya. 

Terkait pembangunan arena yang dibiayai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), Kapisa menyatakan seluruh proyek arena itu merupakan proyek tahun jamak. Menurutnya, pembangunan arena PON yang dibiayai dengan APBN akan selesai pada Juli 2020. 

“Untuk APBN ini pakai dua Instruksi Presiden atau Inpres, yakni Inpres 10 tahun 2017 seperti aquatik dan istora kontraknya selesai Juli 2020. Namun, akan ada lagi inpres baru yang sampai saat ini sementara berproses di pusat untuk pembangunan venue sepatu roda, panahan dan dayung,” jelasnya. 

Loading...
;

Menurut ia, meskipun Inpres baru PON belum turun, proyek pembangunan untuk venue dayung, sepatu roda, dan panahan sudah dilelang. Dengan cara itu, pelaksana proyek akan bisa mulai bekerja pada Januari 2020. 

“Rata-rara pengerjaan venue itu tidak memakan waktu lama, sehingga bisa dipastikan akan selesai sebelum PON. Disamping itu, karena yang mengerjakan adalah BUMN sehingga kami tidak kuatir,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Papua, Cornelis Sagrim mengatakan pengerjaan empat venue PON XX 2020, ditargetkan akan rampung pada Juni-Juli 2020.

“Empat venue itu untuk dua kawasan, yaitu pembangunan Stadion Istora Papua Bangkit dan venue akuatiq di Kampung Harapan, dan venue hoki serta kriket di daerah Doyo Baru, Kabupaten Jayapura. Sementara dalam pengerjaan,” kata Sagrim. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top