Disperindag Papua Akan Tingkatkan Pengawasan Barang PNG

Kepala Disperindag Papua Max Olua - Jubi/Alex
Kepala Disperindag Papua Max Olua – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Papua akan meningkatkan pengawasan terhadap barang barang yang masuk ke Kota Jayapura, khususnya dari Papua Nugini (PNG).

Kepala Disperindag Papua Max Olua kepada wartawan, di Jayapura, Selasa (9/8/2016) mengatakan pihaknya akan melakukan pengawasan secara intensif. Pasalnya selama ini produk produk dari PNG seperti makanan siap saji cukup banyak beredar di Kota Jayapura dan sekitarnya.

“Pengawasan terhadap makanan dari PNG yang masuk ke Papua, merupakan sesuatu yang penting untuk melindungai konsumen dari barang-barang kadaluarsa,” katanya.

Ia menekankan, fungsi Disperindag adalah sebagai pengawas barang/makanan yang berededar, apalagi di Jayapura barang dari PNG bukan saja masuk melalui jalur darat, tetapi bisa melalui jalur laut.

Lanjutnya, barang masuk dari PNG ke Papua bukan saja diawasi oleh Disperindag, tetapi juga oleh Badan Pengelola Perbatasan dan Kerjasama Luar Negeri Papua. Oleh karena itu, pihaknya akan terus melakukan koordinasi untuk bagaimana mengawasi barang yang masuk.

“Ada beberapa pintu masuk barang dari PNG ke Papua, untuk awasi peredaran barang masuk ke Papua kita perlu tingkatkan kerjasama antar instansi terkait,” ujarnya.

Lanjutnya, bukan saja barang dari PNG yang mendapat pengawasan, barang asal Indonesia (Papua) yang dibeli orang masyarakat PNG pun tak luput dari pengawasan Disperindag Papua.

Loading...
;

“Setiap harinya banyak warga PNG yang masuk hingga ke Perbatasan Indonesia-PNG di Skouw-Wutung. Umumnya mereka ke wilayah perbatasan untuk membeli sembako, yang dijual para pedagang asal Indonesia,” Olua.

Sebelumnya, Kepala Badan Perbatasan dan Kerjasama Luar Negeri, Suzana Wanggai mengatakan jumlah pengunjungan pasar di perbatasan untuk hari-hari biasa mencapai 900 orang.

“Ini membuktikan kalau kawasan perbatasan bukan tempat yang harus ditakuti untuk dikunjungi,” kata Suzana. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top