HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Disperindagkop perketat protokol kesehatan di pasar tradisional saat normal baru

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Jayapura saat melakukan pemantauan di pasar tradisional. - Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Penerapan prosedur kesehatan secara ketat mulai diberlakukan di Pasar Tradisional, di Kota Jayapura, Papua.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Jayapura, Robert L.N Awi mengatakan, langkah ini dilakukan agar tak muncul klaster baru penularan virus corona di pasar tradisional saat penerapan normal baru (new normal) diberlakukan.

Disperindagkop perketat protokol kesehatan di pasar tradisional saat normal baru 1 i Papua

“Itu harus diterapkan saat new normal di pasar. Kebiasaan baru saat new normal harus kita respon dengan tindakan positif demi kesehatan kita semua,” ujar Robert L.N Awi di Kantor Wali Kota Jayapura, Rabu (3/6/2020).

Kata Awi, protokol kesehatan yang diberlakukan di pasar tradisional diantaranya seluruh pedagang dan pengunjung wajib menggunakan masker. Pedagang juga diminta menggunakan sarung tangan saat beraktivitas.

Selain itu, wajib dilakukan pemeriksaan suhu tubuh bahkan warga dengan gejala batuk tidak diperbolehkan masuk ke dalam pasar, tersedianya tempat cuci tangan dan sabun, menjaga kebersihan, menyediakan penyanitasi tangan serta menjaga jarak.

“Sosialisasi dan kampanye hidup sehat, kami terus giatkan kepada masyarakat, agar masyarakat sadar betul pentingnya menjaga kesehatan,” ujar Awi.

Loading...
;

Dikatakan Awi, pandemi virus corona mulai berdampak pada perekonomian warga karena aktivitas usaha tersendat.

Dalam waktu dekat Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Jayapura juga akan akan bersurat pada pengelola pusat-pusat perbelanjaan, rumah makan, toko obat, restoran, kafe, mall, salon, tempat hiburan untuk persiapan normal baru.

“New normal jelas sangat bermanfaat untuk warga di Kota Jayapura. Dengan melakukan protokol kesehatan yang ketat dalam new normal, betul-betul memberikan dampak yang signifikan untuk menekan penyebaran virus korona,” ujar Awi.

Seorang pedagang komoditas pertanian di Pasar Hamadi, Mina, mengaku siap menerapkan protokol kesehatan saat new normal. Sebelum itu, imbauan pemerintah tentang pencegahan virus korona juga sudah ia lakukan.

“Menurut saya, semua aturan pemerintah sangat baik, apalagi disaat pandemi korona saat ini, kalau tidak ikuti aturan pemerintah saya yakin dampak buruknya akan dirasakan yaitu tertular virus korona,” ujar Mina.

Selain itu, dikatakan mina, new normal akan berdampak pada peningkatan jumlah pengunjung di pasar sehingga roda perekonomian kembali lancar walau tidak sepenuhnya normal. (*)

Editor: Edho Sinaga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pengumuman Lagu
"Tanah Papua"

Sehubungan dengan akan dilakukannya pendaftaran lagu “Tanah Papua” yang diciptakan oleh Bapak Yance Rumbino pada Direktorat kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, untuk itu disampaikan kepada seluruh pihak masyarakat yang mengklaim sebagai pencipta lagu “Tanah Papua”, diberi kesempatan untuk mengajukan klaim atau sanggahan lagu tersebut.

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa