Dispora Minta Ada Kelas Khusus Olahraga di Setiap Sekolah

Sryhadi Pamenang ( Kabid Olahraga Prestasi) - Jubi / Engel Wally
Sryhadi Pamenang ( Kabid Olahraga Prestasi) – Jubi / Engel Wally

Sentani, Jubi – Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Jayapura sedang berupaya agar setiap Sekolah di semua tingkatan mempunyai kelas khusus olahraga.

 

Hal ini dimaksud agar benar-benar pembinaan olahraga dimulai sejak dini, dan sudah tentu akan berjenjang

 

“ Selama ini kita hanya fokus kepadasistem olahraga yang muatannya terlalu luas, misalnya saja dalam sebuah cabang olahraga selalu ditargetkan harus mendapatkan prestasi yang baik. Tetapi untuk menuju kesana kita tidak memikirkan caranya,” jelas Sryhadi Pamenang Kepala Bidang Olahraga Prestasi pada Dispora Kabupaten Jayapura, diruangannya. Jumat, (18/9/2015).

 

Nanang sapaan akrabnya ini juga mengatakan bahwa setiap sekolah harus mempunyai satu kelas khusus untuk satu cabang olahraga.

Loading...
;

“ Misalnya di SMP N 2 sentani kusus cabang olahraga tenis meja, semua yang mau belajar tentang tenis meja datang ke Sekolah tersebut. Demikian juga dengan SMA N 1 Sentani yang saat ini sedang dilakukan adalah kelas khusus cabang olahraga pencak silat, semua datang berlatih di sana. Demikian juga dengan sekolah- sekolah yang lain, kami buka masing – masing cabag olahraga yang lain lagi,” ujarnya.

 

Dengan demikian, menurutnya ini adalah cara yang efektif ketimbang membuka sekolah olahraga yang konsepnya terlalu besar. Disinilah pembinaan secara bertahap terus berjalan.
“ Ketika hal ini dimulai sejaka sekolah dasar maka ketika memasuki sekolah tingkat atas bahakan di perguruan tinggi atlit tersebut sudh memasuki usia emasnya untuk terus berprestasi,” katanya.

Ketika berbicara target prestasi, lanjutnya, pertanyaan yang muncul adalah dimana target pembinaannya. Jangan kita bermimpi mempunyai fasilitas yang baik, namun tidak punya pembinaan yang terarah.

“ Sudah habis ide maka jalan yang ditempuh adalah membeli atlit dari daerah lain digunakan untuk membela daerahnya, ini kesalahan yang sudah menjadi trend di kalangan olahragawan saat ini, lalu dimana pembinaan yang dilakukan,” ungkapanya.

Di tempat terpisah Elvira Pangkal salah satu atlit pencak silat SMA N 1 Sentani yang juga pernah mengikuti beberapa kejuaraan di tingkat Sekolah mengatakan dirinya senang dengan mengikuti program kelas khusus untuk olahrga yang telah diterapkan di sekolahnya.
“ Kalau pagi saya sekolah seperti biasa, tetapi soreh ada kelas khusus olahraga. Dikelas ini tidak hanya teman-teman yang satu sekolah saja tetapi ada juga dari teman dari sekolah lain, banyak ilmu yang didapat, tetapi juga pengalaman,” pungkas Siswi kelas XI yang telah mempersembahkan satu medali bagi sekolahnya di ajang O2SN di Makasssar belum lalam ini. (Engel Wally)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top