Follow our news chanel

Previous
Next

Distribusi kelambu antimalaria ke kabupaten penyelenggara PON 2020 sementara dihentikan

Ilustrasi, pembagian kelambu antimalaria di sebuah kampung di Kabupaten Jayapura – Jubi/Dok
Distribusi kelambu antimalaria ke kabupaten penyelenggara PON 2020 sementara dihentikan 1 i Papua
Ilustrasi, pembagian kelambu antimalaria di sebuah kampung di Kabupaten Jayapura – Jubi/Dok

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Dinas Kesehatan Provinsi Papua menyatakan empat kabupaten di daerahnya yang menjadi lokasi penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2020, menghentikan sementara pendistribusian kelambu berinsektisida (antimalaria) yang diterima dari Kementerian Kesehatan karena merebaknya COVID-19.

“Empat kabupaten ini kelambu antimalariannya sudah ada, namun belum didistribusikan karena masih merebaknya wabah virus corona atau COVID-19,” kata Kepala Seksi TB dan Malaria Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Marthen Robaha, di Jayapura, Selasa (7/4/2020).

Menurut dia, empat kabupaten itu harus membuat perencanaan pendistribusian kelambu, namun kini dilarang untuk berkumpul untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Sehingga, lanjut dia, pihaknya masih menunggu perkembangan situasi penanganan COVID-19, lantaran saat ini siaga darurat virus corona.

“Jadi, kita lagi menunggu, kelambu belum didistribusikan, karena sebelum pendistribusian, harus dilakukan sosialisasi lintas sektor,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, harus menyusun perencanaan pembagian kelambu ini di setiap kabupaten, dengan memanggil setiap puskesmas.

Loading...
;

“Kelambu masih ada di gudang. Di tengah situasi pandemi COVID-19 kita tetap memantau kabupaten sambil mengambil data,” katanya.

Dia menambahkan kelambu berinsektisida ini diutamakan untuk empat kabupaten penyelenggara PON XX/2020, sehingga kelambunya datang lebih cepat, sedangkan kabupaten lainnya di Papua, dijadwalkan tiba pada Juni 2020.

Empat kabupaten yang menjadi lokasi penyelenggaraan PON XX yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika, dan Merauke.

Sebelumnya, Kepala Unit Pelaksana Teknis AIDS, TB, dan Malaria ( ATM), Dinkes Papua, dr Beeri Wopari, mengatakan Dinas Kesehatan Provinsi Papua mengutamakan pendistribusian kelambu ke empat kabupaten/kota yang menjadi lokasi penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2020.

“Empat kabupaten lokasi penyelenggaraan PON XX akan menjadi prioritas utama, paling tidak awal April 2020 kelambu sudah didistribusikan,” ujarnya.

Tahun ini, Provinsi Papua mendapatkan sedikitnya 1,4 juta lebih kelambu antimalaria untuk dibagikan kepada masyarakat di 26 kabupaten dan satu kota di sini. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top