Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Distributor bawang di Pasar Hamadi sebut stok banyak tapi harga mahal

Salah distributor bawang di Pasar Hamadi saat diwawancara. – Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Distributor bawang merah dan bawang putih di Pasar Hamadi, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Awi, mengatakan stok bawang banyak tapi harga jualnya mahal. Harga untuk kedua jenis komoditas ini tiga hari lalu dijual Rp 55 ribu per kilogram.

“Sekarang ini satu kilo bawang merah yang sudah bersih Rp 60 ribu, kalau bawang putih Rp 60 ribu. Kalau yang belum dibersihkan satu kilo Rp 46 ribu, bawang putih Rp 47 ribu,” ujar Awi, di Kota Jayapura, Selasa (25/2/2020).

Menurut Awi, untuk dua bulan ke depan harga bawang masih akan mahal karena didatangkan langsung dari China.

“Apalagi ini bawang putih dari China, dan saya dengar belum ada yang masuk. Perkiraan turun Mei kayaknya. Untuk suplainya ke Kabupaten Mamberamo, Kabupaten Sarmi, dan di wilayah Kota Jayapura,” ujar Awi.

Guna memenuhi kebutuhan bawang, dikakatan Awi, dalam sebulan sekali pesan antara delapan sampai sembilan ton.

“Karena setiap kapal saya minta harus kasih masuk biar 20 atau 30 bal harus ada,” jelas Awi.

Loading...
;

Di tempat yang sama, salah satu pedagang bawang, Mariam, mengatakan harga bawang merah dan bawang putih dijual Rp 65 ribu per kilogram.

“Kalau mahal begini, biasanya pembeli mengurangi pengambilan. Saya jual mahal karena harga di distributor juga naik. Mengurangi pendapatan, kalau murah bisa laku 50 sampai 100 kilo sekarang paling banyak 10 kilo saja,” jelas Mariam.

Namun pedagang lainnya, Kasim, mengaku harga bawang mahal karena stoknya mulai berkurang, apalagi menjelang bulan puasa.

“Semoga saja saat bulan puasa harga bawang ini sudah mulai stabil lagi. Harga bawang normlnya Rp 25 ribu satu kilo,” jelas Kasim. (*)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca juga artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top