Follow our news chanel

Distrik Sentani gencar sosialisasi kebersihan lingkungan

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Sentani, Jubi – Pemerintah Distrik Sentani terus melakukan sosialisasi kebersihan lingkungan khususnya masalah sampah, dengan cara pendekatan kepada warga masyarakat yang tinggal di bantaran sungai dan daerah padat penduduk di Kota Sentani.

Hal ini dilakukan agar terbangun kesadaran tentang hidup bersih dan informasi penting terkait arah kebijakan pembangunan yang sedang dilakukan pemerintah daerah.

Kepala Distrik Sentani, Budi Yoku, mengatakan sejak dicanangkannya program Kabupaten Jayapura Go Adipura 2019 oleh Bupati Jayapura, pihaknya terus bergerak dengan mendatangi rumah warga yang tinggal dekat sungai besar di Kota Sentani.

Tidak itu saja, kata Yoku, untuk pemukiman padat penduduk seperti BTN dan perumahan-perumahan lain juga didatangi untuk melihat dari dekat bagaimana pengelolaan sampah rumah tangga di wilayah tersebut.

“Kebanyakan sampah dibuang ke sungai, baik itu sampah kering, basah, hingga limbah dari septic tank. Padahal semua sungai di sini muaranya ke danau Sentani,” ujar Budi Yoku, saat ditemui di Sentani, Minggu (27/1/2019).

Dikatakan, untuk mengetahui hal tersebut maka pihaknya mendatangi langsung ke rumah-rumah warga, sembari memberitahukan kepada mereka apa yang sedang direncanakan oleh pemerintah daerah.

Loading...
;

“Mungkin dengan upaya seperti ini agar masyarakat juga dapat memahami bagaimana baiknya mengelola sampah dari rumah masing-masing,” jelasnya.

Sementara itu, Leonard Awom, seorang pemuda di Sentani, mengatakan dua tahun belakangan ini dirinya bersama sejumlah pemuda lain telah mebentuk sebuah komunitas yang bekerja secara sukarela dalam penanganan masalah lingkungan. Membersihkan sampah di sungai salah satunya.

“Warga masyarakat yang tinggal di belakang eks pasar lama Sentani, buang hajat, limbah rumah tangga, bahkan limbah dari kandang babi ternak mereka ke sungai. Sementara kita tahu bersama di danau Sentani ada masyarakat juga yang tinggal di sana. Kita sarankan agar membuat septic tank sendiri dengan menggali lubang dekat dengan halaman rumah masing-masing tetapi upaya tersebut tidak dilakukan hingga saat ini,” ungkapnya. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top