Distrik Seradala di wilayah suku Koroway tanpa fasilitas kesehatan

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Jayapura, Jubi – Distrik Seradala di wilayah suku Koroway di Kabupaten Yokohimo hingga kini tidak memiliki fasilitas kesehatan. Sebelumnya di sini ada sebuah puskesmas pembantu (Pustu), namun sekarang tidak ada lagi.

“Ketika Pustu itu dibangun sekitar 2007 tidak ada petugas kesehatan pemerintah di sana, bangunan yang kalau tak salah didirikan gereja itu, berdiri tanpa aktivitas hingga hari ini penuh dengan rumput tinggi,” kata Soleman Itlay, sekretaris Tim Peduli Kesehatan Rimba Papua kepada Jubi baru-baru ini.
 
Ketua Komunitas Peduli Kemanusiaan daerah Terpencil (Kopkedat) Yan Akobiarik mengatakan, saat Pustu tersebut dibuka ada seorang petugas kader bidan desa. Namun ia bukan seorang bidan.

“Dia melayani di gereja tetapi juga bantu melayani masyarakat di Pustu tidak bisa berbuat banyak,” katanya melalui telepon dari Yahukimo.
 
Ia menyebutkan, warga di sana ada yang menderita penyakit kulit dan kaki gajah. Bahkan sampai menjadi borok-borok besar.
 
“Saya tidak tahu itu trambusia atau kusta, karena itu warga Koroway di Distrik Seradala membutuhkan perhatian semua pihak, perhatian pemerintah dan swasta untuk memastikan kondisi kesehatan masyarakat di sana,” ujarnya.
 
Ia mengaku Kopkedat tidak bisa berbuat banyak sejak dibentuk 2015.
 
“Kami sudah melakukan aksi namun tidak maksimal, kami berharap aksi Tim Peduli Kesehatan Rimba Papua yang mulai buka posko dan galang dana bisa membuka mata publik untuk membantu warga Seradala,” ujarnya.(*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top