Follow our news chanel

Previous
Next

Distrik Yapsi terapkan pembatasan akses masuk wilayah

Ilustrasi penutupan jalan - Pexels.com.
Distrik Yapsi terapkan pembatasan akses masuk wilayah 1 i Papua
Ilustrasi penutupan jalan – Pexels.com.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Pemerintah Distrik Yapsi memperketat mobilitas penduduk ke wilayah mereka. Kebijakan yang disepakati bersama masyarakat setempat tersebut untuk mengantisipasi penyebaran corona, virus penyebab covid-19.

“Orang luar (untuk sementara ini) dilarang masuk ke wilayah Yapsi, sedangkan warga Yapsi juga bersepakat untuk tidak keluar (bepergian) dari Yapsi. Ada baleho besar (yang memuat pengumuman tersebut) kami pasang di pintu masuk Yapsi, yang berbatasan dengan Distrik Unurumguay,” kata Kepala Distrik Yapsi Steven Ohee, Kamis (16/4/2020).

Ohee mengaku mereka telah bergerak cepat dalam mengantisipasi penularan covid-19 di Yapsi. Selain membatasi mobilitas penduduk luar, warga setempat juga menaati aturan pembatasan aktivitas di luar rumah yang ditetapkan Pemerintah Kabupaten Jayapura.

“Setelah pukul 14.00 (Waktu Papua), seluruh aktivitas perdagangan dan tempat-tempat umum berhenti. Suasananya pun menjadi sunyi. Masyarakat memahami aturan tersebut,” jelasnya.

Sebagaimana daerah lain, Distrik Yapsi juga mendisinfeksi seluruh fasilitas publik dan lokasi keramaian. Semua upaya pencegahan wabah covid-19 tersebut selalu melibatkan aparat beserta masyarakat di setiap kampung maupun pihak TNI dan Polri setempat.

“Pertemuan (rapat koordinasi) yang kami gelar tidak melibatkan banyak orang.  Itu juga untuk memutus rantai penyebaran virus corona,” ujar Ohee.

Loading...
;

Hans Kasimat, tokoh masyarakat setempat menambahkan setiap kampung juga menggerakan tim masing-masing untuk mengawasi mobilitas penduduk dari wilayah lain. “Mereka selalu menanyakan ada keperluan apa, dan berapa lama kepada setiap orang baru (pendatang). Masyarakat juga melakukan penyemprotan disinfektan ke kendaraan yang keluar-masuk di setiap sekampung.” (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top