Follow our news chanel

Previous
Next

Ditangkap Tim Tangkap Buronan, Wabup Sarmi dibawa ke Jayapura

papua
Foto ilustrasi, borgol. - pixabay.com
Ditangkap Tim Tangkap Buronan, Wabup Sarmi dibawa ke Jayapura 1 i Papua
Foto ilustrasi, borgol. – pixabay.com

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Wakil Bupati Sarmi, Yosina Troce Insyaf ditangkap Tim Tangkap Buronan atau Tabur Kejaksaan Agung di Jakarta, Selasa (18/2/2020) dinihari. Pada Selasa sore, Yosina Troce Insyaf dijadwalkan tiba di Kabupaten Jayapura dan dijemput tim Kejaksaan Tinggi Jayapura.

Berdasarkan data Sistem Informasi Penelusuran Data Perkara Pengadilan Negeri Jayapura, Wakil Bupati Sarmi, Yosina Troce Insyaf adalah terpidana kasus korupsi dalam proyek pembangunan Bendungan Irigasi Lokasi SP II Tahap I, di Distrik Bonggo, Kabupaten Sarmi pada 2012. Pada 14 November 2018, Mahkamah Agung RI menerbitkan putusan yang menyatakan menolak kasasi Yosina, dan menghukumnya dengan pidana penjara 4 tahun dan denda sebesar Rp200 juta, subsider 6 bulan kurungan.

Yosina ditangkap saat berada di Apartemen L’avenue, Pancoran, Jakarta Selatan. Jurnalis Jubi, Engelbert Wally melaporkan pada Selasa siang Yosina Troce Insyaf diterbangkan ke Bandara Sentani di Kabupaten Jayapura dengan pesawat Batik Air nomor penerbangan ID 6183. Pada Selasa sore, tim Kejaksaan Tinggi Papua telah menunggui kedatangan Yosina.

Kantor Berita Antara melansir pernyataan Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Hari Setiyono di Kantor Kejaksaan Agung, Jakarta, Selasa, yang mengatakan Yosina berstatus buronan dan ditangkap oleh Kepala Kejaksaan Negeri Jayapura bersama Tim Tabur Kejaksaan Agung dan Tim Adhyaksa Monitoring Center Kejaksaan Agung. Penangkapan itu dilakuan untuk mengeksekusi Putusan Mahkamah Agung RI (MA) Nomor : 1524K/Pid.Sus/2018 itu.

Hari menjelaskan program Tangkap Buronan (Tabur) merupakan upaya optimalisasi penangkapan buronan pelaku kejahatan dalam rangka penuntasan perkara, baik tindak pidana umum maupun tindak pidana khusus.”Setiap kejaksaan tinggi di seluruh Indonesia [ditargetkan] menangkap minimal  satu buronan kejahatan untuk setiap triwulan,” katanya.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Loading...
;

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top