Follow our news chanel

Ditinggal pengajar, Sekolah Kristen Esaliem menanti janji Bupati Yahukimo

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi – Sekolah Kristen Esaliem yang terletak di Desa Esaliem, Kecamatan Kurima, Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua berdiri sejak 4 Juni 2014 lalu kini terancam tutup, karena ditinggal para tenaga pengajarnya.

Empat dari enam tenaga pengajar akhirnya meninggalkan sekolah yang telah mereka bangun dengan susah payah. Penyebabnya hanya satu yaitu tidak adanya bantuan dari pemerintah setempat.

Angelina Tarempas, Ningsih Endah Wahyu Siregar, Yosti Limbunna, dan Jeksen Tarempas. Itulah empat nama guru yang dengan terpaksa meninggalkan tempat tugasnya karena kebutuhan sehari-hari mereka mulai menipis.

"Berdirinya sekolah Kristen Esaliem didasari oleh timbulnya kesadaran masyarakat di desa setempat akan pentingnya pendidikan yang baik dan layak serta kerinduan dari lembaga pengelola yaitu Yayasan Penginjilan Oikumene Narwastu di Papua untuk meningkatkan mutu pendidikan di tanah Papua," kata Kepala Sekolah Kristen Esaliem, Musa Rotty di Jayapura, Rabu (27/10/2018).

Sekolah dengan total murid 194 murid yang terdiri dari Taman Kanak-kanak 21 orang, Sekolah Dasar 92 orang, dan paket A 81 orang masih membutuhkan uluran tangan dari masyarakat ataupun pemerintah dalam hal kelanjutan proses belajar mengajar.

"Untuk SD sudah ada kelas V, sedangkan kelas VI belum ada. Kalau untuk Paket A kebanyakan orang tua. Jadi anak-anak mereka sekolah dari jam 07.00 hingga jam 12.00 siang, orang tua mereka sekolah dari jam 14.00 hingga 16.00," ujarnya sembari mengatakan bahwa sekolah tersebut melayani empat kampung disekitarnya yaitu Kampung Wulik, Tukuarek, Huguma, dan Hagama.

Loading...
;

Dikatakan empat tahun lalu calon bupati Yahukimo yang kini menjabat bupati Abock Busup pernah berjanji akan memperhatikan sekolah tersebut apabila dirinya terpilih pada pemilihan bupati empat tahun silam. Namun hingga masa jabatan bupati tinggal setahun janji tersebut belum ditepati oleh sang bupati.

"Saya sudah berulang-ulang kali bertemu dengan Kadis Pendidikan Yahukimo, namun jawabannya akan dianggarkan tahun depan. Janji itu sejak tiga tahun lalu hingga kini juga belum ditepati. Akibat tak diperhatikan,  empat guru saya pergi," kata Musa.

Bahkan kata Musa, empat guru tersebut ketika pergi meninggalkan Kampung Esaliem murid bahkan orangtua menitikkan air mata.

"Masyarakat di sana tidak mau para guru pergi. Saya sebagaj kepala sekolah tidak bisa berbuat banyak karena selama empat tahun mereka mengabdi tidak digaji. Mereka mengajar dengan ikhlas. Kami hanya butuh diperhatikan. Apabila ada dana bantuan dari pemerintah mungkin bisa kami gunakan untuk pengadaan alat belajar dan juga kebutuhan sehari-hari para guru," ujarnya.

Terpisah Bupati Abock Busup melalui sambungan telepon selularnya mengatakan bahwa dirinya akan berupaya agar sekolah tersebut mendapatkan bantuan dari pemerintah daerah.

"Sekolah ini kan sekolah swasta dan belum terdaftar. Tapi saya akan berupaya untuk salurkan dana ke sekolah tersebut. Saya tidak janji tapi secepatnya akan di proses," kata Bupati Abock.

Kata Bupati Abock, dirinya sudah memerintahkan Dinas Pendidikan setempat untuk mendata sekolah yang dimaksud agar bantuannya tepat sasaran.

"Pertama, Dinas Pendidikan akan meminta data sekolah yang meliputi jumlah tenaga pengajar, berapa jumlah murid. Kalau itu Yayasan maka akan dilihat badan hukumnya. Ini agar dana yang disalurkan dapat dipertanggungjawabkan di kemudian hari," ujarnya.

Disinggung kenapa baru kali ini dirinya mau memperjuangkan dana bantuan terhadap sekolah tersebut, Bupati Abock mengatakan bahwa pihak sekolah sama sekali tidak melaporkan keberadaan sekolah tersebut berupa data-data sekolah ke Dinas Pendidikan.

"Seharusnya pihak sekolah harus pro aktif memberikan data ke Dinas sehingga bisa diproses dengan cepat," katanya. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top