Follow our news chanel

Dituduh pakai anggaran Rp12 Milyar, Pjs Bupati Jayawijaya meradang

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi – Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Kabupaten Jayawijaya, Papua, Doren Wakerkwa meradang atas tuduhan yang disampaikan Bupati Jayawijaya non aktif, John Wempi Wetipo yang mengatakan dirinya telah menghabiskan anggaran sebesar Rp12 milyar.

Dalam keterangannya kepada Jubi, Doren Wakerwa mengatakan, tuduhan yang disampaikan Bupati non aktif sama sekali tak memiliki dasar, tak profesional dan merupakan pembohongan publik.

“Itu tuduhan yang tidak profesional. Karena dalam pengelolaan APBD sudah ditetapkan. Dianggarkan sesuai kebutuhan daerah yaitu untuk belanja rutin kantor atau belanja modal  dan  belanja pembangunan publik juga bantuan sosial lainnya. Saya sangat paham postur APBD yang telah ditetapkan eksekutif dan legislatif Jayawijaya,” ungkap Doren Wakerkwa kepada Jubi melalui pesan whatsappnya, Kamis, (14/6/2016).

Menurutnya, sejak dilantik pada 14 Februari 2018, Ia sudah melaksanakan tugas sesuai dengan prosedur, mekanisme dan ketentuan peraturan  perundangan-undangan yang berlaku. Begitu pula soal pelaksanaan anggaran daerah, harus sesuai proporsi yang ada.

Doren menjelaskan, saat Ia memeriksa anggaran untuk pos Bupati (KDH) Jayawijaya yang telah ditetapkan dalam APBD 2018 berjumlah Rp38 Milyar. Informasi yang dihimpunnya menyebut, dana stabilitas daerah yang dimaksudkan Bupati  sebesar Rp1,2 milyar sudah habis dipakai oleh  Wempi Wetipo.

“Saya sangat tidak mengerti sistem pemerintahan yang diterapkan oleh  Wempi Wetipo ini sangat menyesatkan ASN Pemerintah Kabupaten Jayawijaya,” ucapnya.

Loading...
;

“Sebelum saya masuk bertugas per bulan Januari 2018, Bupati Wempi Wetipo sudah mengeluarkan pos KDH sebanyak Rp28 milyar lebih, dari total anggaran pos KDH  berjumlah Rp38 milyar lebih. Dan uangnya dibawa kabur oleh ibu Kepala Bagian Tata Usaha Keuangan Setda Kabupaten Jayawijaya bersama Bendahara Bupati Jayawijaya. Ini menunjukan bahwa saudara Bupati Wempi Wetipo sudah menyalahgunakan kewenangan untuk mengeluarkan uang Negara,” tuturnya lagi.

Sementara itu, Bupati Jayawijaya nonaktif John Wempi Wetipo, mengatakan akan melakukan audit keuangan untuk menindaklanjuti adanya laporan dari ASN terkait Psj Bupati yang diduga menggunakan anggaran sebesar Rp12 milyar. Audit akan dilakukan setelah ia aktif menjabat kembali pada 23 Juni mendatang.

"Audit pasti akan kita lakukan terhadap penggunaan anggaran Penjabat Sementara Bupati Jayawijaya Doren Wakerkwa, karena dari laporan yang saya terima, selama tiga bulan sudah Rp12 miliar habis digunakan," katanya dilansir Antara, Rabu, (13/6/2018). (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top