Follow our news chanel

DKP ajak masyarakat Papua tangkap ikan ramah lingkungan

DKP ajak masyarakat Papua tangkap ikan ramah lingkungan 1 i Papua
Menangkap ikan dengan cara tradisional (snap mor) – Jubi/commons.wikimedia.org

Jayapura, Jubi – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Papua mengajak masyarakat di wilayahnya, membiasakan diri menangkap ikan dengan cara yang lebih ramah lingkungan.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Papua, FX Mote mengatakan budaya menangkap ikan secara tradisional di air surut (snap mor) oleh masyarakat Biak Numfor patut dicontoh, karena cara yang dipakai sangat ramah lingkungan.

“Cara menangkap ikan seperti itu perlu dipertahankan. Jangan menangkap ikan dengan cara- cara yang tak dikehendaki, seperti menggunakan bom, akar tuba, pukat ataupun alat tangkap ikan yang tak ramah lingkungan, akibatnya merusak lingkungan laut,” kata FX Mote di Jayapura kemarin.

Untuk itu, dirinya sangat mengapresiasi gelaran Festival Biak Munara Wampasi yang sementara berlangsung di Kabupaten Biak Numfor, karena salah satu atraksi yang ditampilkan adalah menangkap ikan di air surut.

“Ini jelas upaya untuk melindungi lingkungan laut, demi masa depan anak cucu orang Biak ataupun juga mereka yang mengkonsumsi ikan di wilayah penangkapan di kawasan itu,” ujarnya.

Secara terpisah. Kepala Dinas Pariwisata Biak Numfor Ony Dangaebun, mengatakan Festival Biak Munara Wampasi (FBMW) mengusung semangat perubahan yang lebih maju melalui sektor pariwisata dan perikanan yang merupakan sektor unggulan.

Untuk itu lanjutnya, ada 16 gelaran yang akan ditampilkan masyarakat setempat, di antaranya Apen Beyeren (atraksi berjalan di atas batu bara panas), Snap Mor (menangkap ikan di air surut), tari kolosal, body painting, Biak exotic tour, harmoni Biak, lomba fotografi Biak, diving dan foto bawah laut, Parade Wor & Yospan, gerak jalan Wos Biak, lomba mancing, tur Padaido island, parade perahu Wairon dan Mansusu, Enjoy Biak, pameran ekonomi kreatif dan pameran kuliner.

Loading...
;

“Intinya, kami ingin memperkenalkan Biak Numfor menjadi salah satu destinasi utama di Indonesia, mendorong hilirisasi usaha mikro kecil menengah serta kredibilitas masyarakat serta memberikan yang lebih pada keragaman dan budaya, guna mendorong iklim ekonomi yang progresif dan berbasis sumber daya lokal,” kata Ony Dangaebun. (*)

Editor: Syam Terrajana

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top