Follow our news chanel

Previous
Next

DKP janjikan bantuan jaring untuk nelayan

Papua
Bupati Mathius Awoitauw memanen ikan di keramba, beberapa waktu lalu - Jubi/Engelbert Wally.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Jayapura menjanjikan bantuan peralatan bagi nelayan perikanan tangkap maupun budi daya. Mereka, di antaranya bakal menyumbangkan jaring untuk keramba maupun kolam.

“Kami akan memberi bantuan kepada 200 kelompok nelayan ikan (budi daya) air tawar, dalam waktu dekat ini. Bantuan diberikan kepada mereka yang masih aktif mengelola keramba maupun kolam (ikan),” kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Jayapura Rudi Saragih, Selasa (1/9/2020).

Sumbangan peralatan tersebut melengkapi bantuan bibit ikan yang telah digulirkan selama ini. Paket bantuan tersebut diharapkan mendongkrak produktivitas perikanan selama masa pandemi di Kabupaten Jayapura.

“Budi daya ikan air tawar sebenarnya cukup meningkat (produksinya) selama masa pandemi Covid-19. Nelayan berbondong-bondong menjual ikan ke pasar. Mereka juga menerima pesanan dari warung, hotel, restoran, dan supermarket,” jelas Rudi.

Perhatian besar juga diberikan kepada nelayan perikanan tangkap. Pemerintah setempat memfasilitasi penjualan hasil tangkapan nelayan melalui sejumlah koperasi yang mereka dukung pengembangannya.

“Dalam waktu dekat, akan ada rapat koordinasi dengan para nelayan tangkap di Distrik Demta. Kami mau melihat dampak fasilitas dan pembukaan akses pasar tersebut terhadap hasil penjualan mereka,” kata Rudi.

Wiklif, nelayan di Kampung Tarvia mengatakan hasil tangkapan mereka sangat bergantung kepada kondisi cuaca di laut. “Saat hari baik (cuaca bagus), bisa dapat puluhan bahkan ratusan ekor ikan tuna. Namun, pas hari buruk (cuaca ekstrem), hasil tangkap sangat sedikit (jauh berkurang).” (*)

Loading...
;

 

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top