DKP Papua Dorong Saireri dan Mamta Kembangkan Rumput Laut

Rumput laut - Dok. Jubi
Rumput laut – Dok. Jubi

Jayapura, Jubi – Dinas Kelautan dan Perikanan Pemerintah Provinsi Papua mendorong wilayah adat Saireri dan Mamta menjadi daerah pengembang rumput laut di wilayah Bumi Cenderawasih.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Pemerintah Provinsi Papua FX Mote mengatakan, pihaknya mendorong dua wilayah adat tersebut untuk pengembangan rumput laut karena kawasannya memungkinkan dengan kualitas air yang baik.

“Sebelumnya sudah diarahkan untuk pengembangan rumput laut di wilayah Saireri dan Mamta, namun belum optimal sehingga perlu ditingkatkan,” katanya di Jayapura, Rabu (3/8/2016).

Menurut Mote, wilayah Saireri dan Mamta memiliki potensi pengembangan budidaya rumput laut. Namun perlu suatu terobosan besar untuk mengelolanya. Sebab jika dilihat dari sisi pasar tidak terlalu sulit karena bisa dijemput langsung ke lokasi penanaman.

Hanya saja, katanya, jumlahnya perlu ditingkatkan dan sumber daya manusia, khususnya masyarakat, perlu diperhatian dengan serius.

“Untuk itu nanti hal ini akan menjadi perhatian khusus Dinas Kelautan dan Perikanan untuk menggali potensi rumput laut dan keterampilan petaninya,” ujarnya.

Dengan adanya pengembangan rumput laut ia berharap dapat meningkatkan pendapatan masyarakat di dua wilayah tersebut. (*)

Loading...
;

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top