Follow our news chanel

Previous
Next

DLH terus pantau cagar alam Siklop dan Danau Sentani

Satgas Cagar Alam Siklop yang sedang membersihkan muara Sungai Jaifuri kampung yokiwa Sentani timur. Jubi/Engel Wally.
DLH terus pantau cagar alam Siklop dan Danau Sentani 1 i Papua
Satgas Cagar Alam Siklop yang sedang membersihkan muara Sungai Jaifuri Kampung Yokiwa Sentani timur- Jubi/Engel Wally.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Pasca banjir bandang 16 Maret 2019 lalu, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jayapura rutin melakukan pengawasan dan monitoring terhadap kondisi kawasan cagar alam Siklop dan juga Danau Sentani.

Kepala DLH Kabupaten Jayapura, Kris Kores Tokoro mengatakan, monitoring dan pengawasan yang dilakukan meliputi kawasan yang telah direboisasi beberapa waktu lalu dengan berbagai jenis pohon sedang bertumbuh.

“Tahap awal reboisasi lalu untuk kawasan cagar alam yang berhadapan dengan perkotaan, sedang kami monitoring dan lakukan pengawasan terhadap tindakan-tindakan oknum yang tidak bertanggung jawab,” jelas Kris Tokoro saat ditemui di Sentani, Rabu (20/11/2019).

Cagar alam Siklop termasuk cagar alam terbesar di Indonesia. Kawasan hutan ini memiliki luas 31.479,9 hektar. Sementara monitoring dan pengawasan terhadap kawasan rawan longsor dan terdampak langsung oleh banjir kemarin dilakukan di lahan seluas 10-12 ribu hektar.

“Hal yang sama juga di lakukan di danau sentani, adaya pembersihan sampah dan juga penanaman pohon di pinggiran danau,” jelasnya.

Ketua Forum Kota (Forkot) Sentani, Deniks Felle mengatakan perambahan hutan yang memicu terjadinya banjir bandang pada Maret lalu, sudah berlangsung lama.

Loading...
;

“Ada puluhan ribu orang yang menempati kawasan penyangga siklop, tidak hanya di bagian sentani saja tetapi mulai dari pasir dua Kota Jayapura hingga Depapre. Aktivitas pertanian dan perambah hutan yang menjadi faktor utama adanya kerusakan alam seperti banjir bandang dan kenaikan permukaan air danau sentani kemarin,” pungkasnya. (*)

Editor: Edho Sinaga

 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top