HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

DLHK Kota Jayapura sebut sampah industri meningkat

Bak sampah di jalan raya Hamadi. - Jubi/Ramah
DLHK Kota Jayapura sebut sampah industri meningkat 1 i Papua
Bak sampah di jalan raya Hamadi. – Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Seiring bertumbuhnya pembangunan di Kota Jayapura, tak hanya meningkatkan perekonomian namun juga berdampak pada peningkatan produksi sampah, salah satunya sampah industri atau dunia usaha.

Kepala Bidang Pengolahan Sampah dan Limbah B3 Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Jayapura, Simon P. Koirewoa mengatakan untuk 2019 terjadi peningkatan sampah industri karena ada pembangunan hotel dan mal.

DLHK Kota Jayapura sebut sampah industri meningkat 2 i Papua

“Kalau kami prediksi secara keseluruhan naik 5 hingga 6 persen untuk sampah industri,” ujar Koirewoa di Kantor Wali Kota Jayapura, Jumat (28/11/19).

Dijelaskan Koirewoa, DLHK Kota Jayapura bekerja sama dengan beberapa mal dan hotel, di antaranya Fave Hotel Jayapura, Swiss-Belhotel Jayapura, Fame Hotel Jayapura, Mal Jayapura, Gramedia, Sagu Indah Plaza Jayapura, Bank Papua, Hotel Horison Kotaraja, Hypermart, dan @home hotel.

“Sampah industri (hotel dan mal) terbagi dua jenis, yaitu sampah organik dan non-organik. Sampah yang banyak dihasilkan yaitu sampah non-organik seperti karton dan plastik. Sekali angkut per dua hari dengan volume sampahnya 6 meter kubik (dua bak sampah) hingga 12 meter kubik (empat bak sampah),” kata Koirewoa.

Disinggung soal produksi sampah secara keseluruhan (sampah rumah tangga, sampah umum, dan industri), dikatakan Simon, dalam sehari sebanyak 313 ton, namun hanya 149 ton yang masuk ke tempat pembuangan akhir (TPA) karena sudah dilakukan pemilahan.

Loading...
;

Salah satu pegawai di Hotel Horison Kotaraja, Marlin menjelaskan pihaknya membuang sampah di tempat yang sudah disediakan, DLKH Kota Jayapura datang langsung angkut sampahnya.

“Kami yang tanggung bahan bakarnya. Sekali angkut per dua hari dengan volume sampahnya 6 meter kubik (dua bak sampah). Kami bersyukur bisa kerja sama dengan pemerintah. Saya berharap dunia usaha lainnya bisa kerja sama untuk mengurangi volume sampah,” jelas Marlin. (*)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa