HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Dobonholo, hutan sumber air kehidupan

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Sentani, Jubi – Amos Ondi, Kepala Suku Kampung Sereh, yang juga tokoh masyarakat yang dituakan oleh seluruh masyarakat di Kampung Sereh bahkan seluruh pesisir Danau Sentani, ketika ditemui di kediamannya di Kampung Sereh mengaku sama sekali tidak mengetahui arti dari nama Siklop yang diberikan kepada gunung terbesar di daerah ini, yang juga sudah dicanangkan sebagai kawasan cagar alam.

Menurutnya, nama yang diberikan sejak lama yaitu Dobon yang artinya sumber air hidup dan Holo artinya hutan. Jadi Dobonholo adalah hutan sebagai sumber air kehidupan bagi manusia, flora dan fauna, serta semua isinya.

“Intinya adalah bagaiamana gunung dan hutan serta isinya ini dijaga sebagai sumber kehidupan manusia yang tinggal hidup dan bernaung di bawahnya,” ujar Amos Ondi, yang juga biasa disapa Tete Rambut Putih, Selasa (11/12/2018).

Dikatakan, selama ini ada bencana seperti longsor dan banjir yang biasa dialami oleh masyarakat yang tinggal di kaki gunung Dobonholo adalah akibat ulah manusia sendiri yang tidak menjaga dan merawat kawasan cagar alam sebagai tempat yang penting bagi kelangsungan hidup mereka.

Lebih lanjut, Tete Rambut Putih, mengaskan yang namanya kawasan cagar alam sesungguhnya adalah kawasan yang jauh dari adanya aktivitas manusia. Karena selain cagar alam tetapi juga sebagi kawasan penyangga sumber air bagi kehidupan manusia.

“Dari sisi hukum dan aturan yang ditetapkan baik pemerintah maupun masyarakat adat sudah sangat lemah dan diabaikan. Sehingga, kawasan ini yang dulunya menjadi penyangga dan cagar alam sepertinya tidak berjalan normal. Yah, kita tunggu saja apa yang bakal terjadi di depan kita selama status kawasan ini tidak dijaga dan dirawat dengan baik,” ungkapnya.

Loading...
;

Sebelumnya, Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, mengaskan keberadaan gunung Dobonholo (Siklop) ini sangat penting bagi kehidupan manusia.Tidak hanya Kabupaten Jayapura saja tetapi juga Kota Jayapura.

“Kita berharap agar Pemerintah Provinsi Papua juga turut berpartisipasi dalam menjaga dan merawat kawasan cagar alam ini,” katanya. (*)

Baca juga artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top