Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Dogiyai belajar ke IPB untuk optimalkan produksi kopi

Dogiyai belajar ke  IPB untuk optimalkan produksi kopi 1 i Papua
Para peserta pelatihan budidaya kopi arabika dari Distrik Dogomo, Paniai, saat mengunjungi kebun contoh milik YAPKEMA di Idakotu, Dogiyai – Jubi/Zely

Mereka mengikuti pelatihan selama sepekan di Pusat Studi Pembangunan Pertanian dan Pedesaan IPB University.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Bogor, Jubi – Dinas Pertanian Kabupaten Dogiyai, Provinsi Papua, berusaha mengoptimalkan produksi kopi dengan mengirimkan sejumlah petani dan pemudanya ke Bogor. Mereka mengikuti pelatihan selama sepekan di Pusat Studi Pembangunan Pertanian dan Pedesaan IPB University.

Dogiyai belajar ke  IPB untuk optimalkan produksi kopi 2 i Papua

“Di Kabupaten Dogiyai potensinya adalah perkebunan dan kami banyak membuka kebun kopi, karena lahannya berada cukup tinggi,” kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Dogiyai, Emmanuel Dogomo, pada acara perpisahan usai pelatihan di Bogor, Kamis (28/11/2019) malam.

Baca juga : Pelatihan budidaya kopi Arabika, 174 kampung jadi pompa semangat petani kopi Paniai 

Program ekonomi hijau angkat pendapatan petani kopi

Mendorong pemuda Papua menjadi petani kopi

Loading...
;

Ia berharap 20 orang dari Dogiyai yang menjalani pelatihan di IPB, termasuk 12 orang dari 12 kelompok tani, mendapatkan bekal ilmu untuk meningkatkan produksi kebun kopi dan bisa menularkan ilmu yang didapat ke petani-petani yang lain di kampung halaman.

“Besok kami akan kembali ke Dogiyai. Setelah di kampung halaman, para peserta akan segera menularkan ilmunya kepada teman-temannya sehingga jadi lebih banyak petani di Dogiyai yang mengerti bagaimana menjadi petani kopi yang baik,” kata Dogomo menambahkan.

Nonce, petani dari Dogiyai yang mengikuti pelatihan di IPB, berharap bisa kembali lagi ke Bogor agar bisa lebih banyak belajar.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada IPB yang memberikan pelajaran bagaimana cara berkebun yang baik. Pelajaran ini sangat berharga bagi saya,” kata Nonce.

Petani Dogiyai lainnya, Felix, juga senang bisa datang ke Bogor untuk belajar cara bertani dan mengelola kebun kopi guna menghasilkan kopi  berkualitas. (*)

Editor : Edi Faisol

 

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top