Donald Trump absen pelantikan Joe Biden, namun tidak untuk mantan Presiden AS yang lain

Ilustrasi Donald Trump, pixabay.com

Papua No.1 News Portal | Jubi

Jakarta, Jubi – Presiden Donald Trump memastikan dirinya tak hadir dalam pelantikan Joe Biden sebagai Presiden Amerika ke-46. Hal itu ia sampaikan Trump lewat Twitter beberapa jam setelah mengunggah video yang mengakui kemenangan Joe Biden di Pilpres Amerika.

“Untuk mereka yang telah bertanya, saya tidak akan menghadiri inagurasi pada 20 Januari nanti,” ujar Donald Trump, Jumat, (8/1/2021).

Baca juga : Percakapan Donald Trump paksa Georgia ubah hasil Pilpres beredar 

Donald Trump tegaskan tak terima hasil Pilpres jika kalah 

Seorang perempuan tewas ditembak saat pendukung Donald Trump kepung US Capitol

Donald Trump tidak menjelaskan alasan dia memutuskan untuk tidak hadir. Namun Beberapa sumber mengabarkan dia akan pergi meninggalkan Gedung Putih pada tinggal 19 Januari dan kemudian pergi mengunjungi Florida. Di tanggal pelantikan itu, Donald Trump masih bisa menggunakan seluruh fasilitas Kepresidenan, termasuk pesawat Air Force One.

Loading...
;

Sebelumnya, Donald Trump sudah beberapa kali mensinyalkan tidak hadir di pelantikan Joe Biden. Setiap kali ditanyai hal itu, dia selalu menghindar. Malah, tahun lalu, sempat beredar kabar ia akan menggunakan hari pelantikan Joe Biden untuk mengumumkan maju nyapres lagi di 2024.

Sikap tak hadir dalam pelantikan itu menjadikan Donald Trump Presiden Amerika kedua yang absen dari pelantikan Joe Biden. Sebelum ia, mantan Presiden Amerika Jimmy Carter lebih dulu menyatakan tidak akan hadir karena alasan kesehatan dan pandemi Covid-19.

Namun, meski tidak hadir, Jimmy Carter mendoakan administrasi Pemerintah Amerika di bahwa Joe Biden nanti lebih sukses.

Di luar Jimmy Carter dan Donald Trump, semua mantan Presiden Amerika menyatakan bakal hadir. Mantan Presiden Amerika ke-43 George W. Bush lebih dulu menyatakan kesediaannya untuk hadir pada Rabu kemarin. Bill Clinton dan Barack Obama menyusul kemudian. Ketika Donald Trump dilantik dulu, mereka bertiga juga hadir.

Wakil Presiden dari Donald Trump, Mike Pence, menyatakan akan hadir jika diundang. Sejauh ini, kata stafnya, Pence belum menerima undangan hari pelantikan. Sebagai catatan, hubungan Donald Trump dan Mike Pence memburuk ketika ia menolak untuk tidak mengakui kemenangan Joe Biden. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top