Follow our news chanel

Donasi Pemprov dan Bupati se Papua untuk Sulteng tersalurkan

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi – Donasi Pemerintah Provinsi dan para bupati se-Papua sebesar Rp 4,2 miliar untuk korban gempa dan tsunami di Palu, Sigi, dan Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng) sudah tersalurkan dan diterima langsung oleh Gubernur Sulteng, Longki Djanggola, didampingi Sekretaris Daerah setempat, Mohamad Hidayat.

Bantuan dana dan logistik tersebut diantar langsung oleh Asisten Bidang Pemerintahan Papua, Doren Wakerkwa, didampingi Kepala Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Papua, Welliam Manderi, ke Kantor Gubernur Sulteng, Senin (22/10/2018) sore.

"Kami turut berduka atas bencana yang menimpa masyarakat Palu, Sigi, dan Donggala. Jadi ini merupakan bentuk kepedulian kami sebagai warga negara Indonesia di bagian timur kepada masyarakat Sulteng yang terkena dampak gempa dan tsunami," kata Wakerkwa, melalui rilis pers kepada Jubi. 

Ia sampaikan hampir 15 persen masyarakat dari Sulteng tinggal di Papua dan tersebar di seluruh kabupaten/kota. Yang mana, selama ini mereka telah turut serta ikut membangun Bumi Cenderawasih. Untuk itu, duka Palu, Sigi, dan Donggala menjadi duka masyarakat Papua.

"Kami juga sangat berterima kasih kepada Pemerintah Sulteng, karena mau menerima dan melindungi anak-anak Papua yang menempuh pendidikan di Kota Palu. Demikian sebaliknya dengan anak-anak Palu yang menempuh pendidikan di Papua. Tentu ini merupakan suatu kolaborasi yang baik selama ini," ujarnya.

"Mungkin bantuan yang kami berikan ini tidak cukup, tetapi sekiranya bisa meringankan beban Pemerintah Sulteng untuk kembali memulihkan kondisi masyarakat, termasuk pembangunan kembali infrastuktur yang rusak," sambungnya. 

Loading...
;

Gubernur Sulteng, Longki Djanggola, menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Papua yang telah berpartisipasi memberikan dukungan baik dalam bentuk barang maupun uang kepada masyarakat Palu, Sigi, dan Donggala yang tertimpa bencana.

"Saya kira bantuan ini sangat berarti sekali dan tidak ada kata yang pantas kami ucapkan. Hanya salam hormat kami kepada Gubernur Papua Lukas Enembe dan seluruh jajaran pemerintahnya serta masyarakat Papua. Tentu semua bantuan ini akan kami gunakan dan salurkan untuk membantu masyarakat yang terkena dampak bencana," kata Longki.

Menurut ia, sampai saat ini kondisi di Palu, Sigi, dan Donggala terutama masyarakat yang terkena dampak begitu besar berangsur-angsur membaik. Begitu juga dengan aktivitas pemerintahan yang sudah berjalan kembali.

Hanya saja, ujar ia, di beberapa titik masih ada ditemukan pengungsi yang belum bisa kembali ke tempat tinggalnya karena rumah mereka sudah tidak ada.

"Memang masih ada masyarakat di pengungsian. Sesuai rencana, pemerintah akan siapkan mereka hunian sementara sambil dibangunkan hunian tetap yang layak," ujarnya. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top