DPR Papua agendakan pengesahan Raperda dan pelantikan PAW

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi – Ketua DPR Papua, Yunus Wonda mengatakan pihaknya mengagendakan pengesahan sejumlah Rancangan Peraturan Daerah Provinsi dan Khusus (Raperdasi/Raperdasus), serta pelantikan Pergantian Antara Waktu (PAW) dua legislator Papua melalui paripurna non-APBD dalam waktu dekat.

Ia mengatakan, rencananya, Selasa (11/12/2018), DPR Papua akan menggelar rapat badan musyawarah (Bamus) menjadwalkan sidang non-APBD dan memutuskan Raperdasi/Raperdasus apa saja yang dapat disahkan serta proses PAW dua anggota DPR Papua dari Partai Gerindra. 

"Rencananya ada sembilan atau 10 Perdasi/Perdasus yang akan didorong disahkan. Tapi kepastian jumlah dan Raperdasi/Raperdasus apa saja, akan diputuskan dalam rapat Bamus," kata Yunus Wonda, Senin (10/11/2018). 

Untuk PAW anggota DPR Papua menurutnya, dua kader Gerindra yang akan dilantik yakni Irenius Liku Bolly dan Ronald Engko, sudah mendapat Surat Keputusan (SK) dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). 

Keduanya akan menggantikan kader Gerindra lainnya yang mengundurkan diri lantaran ikut pilkada serentak 2017 lalu dan seorang lainnya kini menjalani proses hukum di lembaga pemasyarakatan dalam kasus korupsi. 

"Yang sudah ada SK-nya di meja saya dari Gerindra. Saya harus bicara yang sudah saya pegang SK-nya. Kalau anggota DPR Papua yang pindah partai, SK-nya belum saya pegang," ucapnya. 

Loading...
;

Kata Wonda, sebelumnya pelantikan PAW kader Gerindra di DPR Papua sudah dua kali dibahas dalam rapat Bamus dewan. Namun dua kali pula anggota Bamus DPR Papua menolaknya. Tapi ketika itu sebagai Ketua DPR Papua, Yunus Wonda menyatakan jika ketiga kalinya Bamus dewan menolak, ia akan tetap memparipurnakan pelantikan PAW itu. 

"Kalau mau ikut mekanisme, pimpinan hanya menyampaikan ke Bamus sebagai pemberitahuan. Bamus setuju atau tidak, tetap dapat diparipurnakan. Namun selama ini saya hanya menghindari pro kontra dalam lembaga," ujarnya. (*) 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top