DPR Papua kirim tim ke Puncak bukan untuk investigasi

Papua
Wakil Ketua DPR Papua, Yulianus Rumbairusy (tengah), Ketua Pansus Kemanusiaan DPR Papua, Feryana Wakerkwa (kanan) dan Anggota Pansus Kemanusiaan DPR Papua, Paskalis Letsoin saat menyampaikan pernyataan sikap lembaga DPR Papua - Jubi/Arjuna

Papua No.1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – DPR Papua menyatakan rencana menurunkan Panitia Khusus atau Pansus Kemanusiaan ke Kabupaten Puncak, awal pekan depan bukan untuk menginvestigasi kasus penembakan yang terjadi di sana belum lama ini.

Anggota Pansus Kemanusiaan DPR Papua, Paskalis Letsoin kepada Jubi mengatakan pihaknya hanya ingin mendengar keterangan langsung dari keluarga korban meninggal dunia, korban selamat, pemerintah daerah dan pihak terkait lain.

“Kami tidak dalam kapasitas melakukan investigasi. Kami akan berupaya mendapat berbagai keterangan dari korban dan keluarga korban,” kata Paskalis Kamis malam (27/11/2020).

Menurut wakil ketua komisi bidang hukum, hak asasi manusia dan keamanan DPR Papua itu, pihaknya belum berpikir melakukan investigasi karena hingga kini kewenangan memastikan terduga pelaku ada pada institusi kepolisian. Selain itu katanya, meski korban selamat menyatakan ciri ciri terduga pelaku, namun pihaknya juga belum dapat beramsumsi akan hal itu.

“Kami belum bisa sampai ke situ Kami mesti turun dulu ke lapangan. Tapi setidaknya itu informasi awal bagi kami, kami tidak mungkin mengabaikan informasi itu,” ujarnya.

Ia menambahkan, berbagai informasi yang didapat Pansus Kemanusiaan DPR Papua di sana, nantinya akan dilaporkan kepada pimpinan DPR Papua. Setelah itu, barulah disepakati langkah selanjutnya yang akan diambil lembaga dewan.

Sementara, Ketua Pansus Kamanusiaan DPR Papua, Feryana Wakerkwa mengatakan hal yang sama. Menurutnya, perlu mendengar langsung informasi dari keluarga korban, korban selamat dan berbagai pihak terkait agar dapat mengetahui peristiwa sebenarnya di lapangan.

Loading...
;

“Kami Pansus Kemanusiaan akan berangkat ke Timika pada hari Minggu. Pada hari Senin, kami melanjutkan perjalanan ke Ilaga, Kabupaten Puncak bertemu keluarga korban dan semua pihak terkait,” kata Feryana Wakerkwa. (*)

Editor: Edho Sinaga

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top