DPR Papua mestinya benar-benar menjadi rumah aspirasi

Gedung DPR Papua
Ilustrasi kantor DPR Papua - Jubi. Dok

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Ketua Kelompok Khusus DPR Papua, John NR Gobai, mengatakan DPR Papua mestinya benar-benar menjadi rumah aspirasi bagi rakyat. Siapapun atau kelompok manapun memiliki hak yang sama menyampaikan aspirasinya ke DPR Papua.

“Ke depan, saya berharap lembaga DPR Papua ini benar-benar menjadi rumah aspirasi rakyat. Kalau ada aspirasi dari kelompok manapun, inilah tempatnya. Setiap aspirasi mesti ditindaklanjuti sesuai kewenangan lembaga,” kata John Gobai kepada Jubi, Kamis (15/7/2021).

Menurutnya, selain itu DPR Papua juga mesti berkoordinasi dengan pihak kepolisian ketika ada pihak yang akan menyampaikan aspirasi ke lembaga itu. Apalagi jika melibatkan banyak orang, atau massa.

Koordinasi dengan kepolisian dirasa perlu agar pihak yang akan menyampaikan aspirasinya bisa dikawal, hingga ke tempat tujuan secara baik, tidak diadang atau dibubarkan.

“Kalau tujuannya ke DPR Papua, kita atur agar mereka bisa difasilitasi dan pulang dengan aman. Kalau tidak diizinkan dalam jumlah besar dengan berbagai pertimbangan, setidaknya ada pihak-pihak yang dipercayakan datang menyampaikan aspirasi,” ujarnya.

Anggota DPRP melalui mekanisme pengangkatan itu mengatakan para pihak mesti menghargai adanya Undang-Undang (UU) Nomor 9 Tahun 1998 tentang kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum.

Katanya, orang berpendapat di muka umum bukan berarti akan selalu bertindak anarkis atau merugikan orang lain.

Loading...
;

Ia juga menyarankan jika ada pihak yang ingin menyampaikan aspirasi ke DPRP terlebih dahulu berkoordinasi dengan pihak di sana. Apalagi jika penyampaian aspirasi itu melibatkan banyak orang, tidak hanya sekadar pemberitahuan kepada kepolisian.

“Dengan begitu, kami juga siap menerima mereka dan bisa berkoordinasi dengan para pihak terkait. Jangan nanti tiba-tiba ada aksi baru kita saling lempar tanggung jawab, terutama kami di lembaga dewan,” katanya.

Baca juga: Aksi mahasiswa Papua tolak Otsus dijawab dengan penangkapan

Anggota Komisi Bidang Pemerintahan, Politik, Hukum, dan Keamanan DPR Papua, Yonas Nusi, mengatakan hal yang sama. Katanya, saatnya DPRP benar-benar menjadi rumah aspirasi dan menindaklanjuti setiap aspirasi yang masuk.

“Mesti lebih peka melihat, mendengar, dan menerima setiap aspirasi dari masyarakat,” kata Nusi.

Namun juga menyarankan jika ada pihak yang akan menyampaikan aspirasinya ke DPRP dengan melibatkab massa, terlebih dahulu melakukan koordinasi.

“Kalau berkordinasi dulu kan kita bisa bicara. Dikawal datang dengan baik dan pulang dengan baik. Namun kita juga mengingatkan mereka yang akan menyampaikan aspirasinya agar tidak melakukan hal-hal yang dapat merugikan mereka sendiri,” ucapnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top