HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

DPR Papua segera sahkan alat kelengkapan DPR Papua

Suasana paripurna DPR Papua yang membahal alat kelengkapan dewan pada pekan lalu. - Jubi/Arjuna Pademme
DPR Papua segera sahkan alat kelengkapan DPR Papua 1 i Papua
Suasana paripurna DPR Papua yang membahal alat kelengkapan dewan pada pekan lalu. – Jubi/Arjuna Pademme

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – DPR Papua mengagendakan rapat paripurna pengesahan alat kelengkapan DPR Papua pada Selasa (28/1/2020). Wakil Ketua DPR Papua, Edoardus Kaize mengatakan rapat paripurna itu akan digelar setelah ketujuh fraksi DPR Papua merampung distribusi anggotanya ke setiap alat kelengkapan dewan.

“Pekan lalu kami sudah menggelar paripurna pertama dan kedua, terkait distribusi anggota setiap fraksi ke alat kelengkapan dewan. Hasil distribusi itu yang akan kami sahkan [pada sidang paripurna Selasa],” kata Edoardus Kaize, pada Sabtu (25/1/2020).

DPR Papua segera sahkan alat kelengkapan DPR Papua 2 i Papua

Menurutnya, proses pendistribusian anggota fraksi ke alat kelengkapan dewan diwarnai perubahan komposisi anggota fraksi DPR Papua. Sejumlah tiga anggota DPR Papua dari Partai Berkarya batal bergabung dengan Fraksi Nasional Demokrat (Nasdem), dan beralih masuk menjadi anggota Fraksi Demokrat.

Perubahan komposisi anggota fraksi mengikuti surat instruksi dari Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Berkarya Provinsi Papua. “DPW Partai Berkarya Provinsi Papua menginstruksikan tiga anggota DPR Papua dari partai itu yang semula bergabung dengan Fraksi Nasdem ditarik kembali dan bergabung dengan Fraksi Demokrat,” ujar Kaize.

Kepala bagian persidangan DPR Papua, Duta Mustajab menyatakan surat DPW Partai Berkarya Provinsi Papua menyatakan kebijakan strategis Fraksi Partai NasDem di DPR Papua tidak lagi sejalan dengan visi Partai Berkarya Provinsi Papua. DPW Partai Berkarya Provinsi Papua memutuskan untuk  “menarik mandat anggota DPR Papua dari Partai Berkarya untuk bergabung Fraksi Partai NasDem.

“DPW Partai Berkarya Provinsi Papua telah mengambil keputusan, anggota DPR Papua dari Partai Berkarya selanjutnya bergabung ke dalam Fraksi Demokrat DPR Papua,” kata Duta Mustajab mengutip isi surat DPW Partai Berkarya Provinsi Papua. Dalam surat itu, DPW Partai Berkarya Provinsi Papua juga menyatakan kesepakatan (koalisi dengan Fraksi Demokrat) bersifat permanen atau hingga keanggotaan DPR Papua Periode 2019-2024 berakhir.

Loading...
;

Dengan adanya instruksi tersebut, Fraksi Nasdem yang semula beranggotakan 11 orang kini jumlahnya menjadi delapan orang. Fraksi Demokrat yang semula beranggotakan delapan orang, kini berjumlah 11 orang. Perubahan komposisi anggota kedua fraksi itu membuat pendistribusian anggota fraksi ke dalam alat kelengkapan DPR Papua harus ditata ulang. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top