Follow our news chanel

DPRD Dogiyai minta segera tunjuk kakam yang posisinya kosong

Foto bersama setelah rakor di ruangan Komisi A DPRD Dogiyai. -Tebai for Jubi
DPRD Dogiyai minta segera tunjuk kakam yang posisinya kosong 1 i Papua
Foto bersama setelah rakor di ruangan Komisi A DPRD Dogiyai. -Tebai for Jubi

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Dogiyai, Jubi – Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Dogiyai menggelar rapat koordinasi (rakor) dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK), di ruangan Komisi A DPRD, Jumat (13/3/2030).

Ketua Komisi A DPRD Dogiyai, Agustinus Tebai, mengatakan rakor tersebut digelar atas aspirasi masyarakat terkait dana Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SiLPA) 2019, yang belum dibayarkan kepada 50 kampung.

“Ternyata setelah kami tanya DPMK, 50 kampung tersebut belum memasukkan laporan. Setelah ada laporan akan dibayarkan,” katanya.

Pihaknya menyarankan agar segera menyiapkan caretaker kepala kampung (kakam) dan pemilihan kakam.

“Jabatan kepala kampung akan berakhir pada 13 April 2020, sehingga mau dan tidak mau harus segera ada penunjukan kepala kampung. Kami juga meminta DPA dan kalender kegiatan 2020,” katanya.

Menurut dia, banyak pula ditemui kakam yang tidak transparan dalam penggunaan dana desa. “Kami sarankan ketika ada pembagian dana bisa libatkan berbagai pihak. Sehingga mudah untuk mengawasi.”

Loading...
;

Sementara itu, Kepala DPMK Kabupaten Dogiyai, Damiana Tekege, mengatakan pihaknya telah menerima sejumlah saran dari Komisi A DPRD yang menjadi mitra kerja.

“Terkait dana desa 2019 yang kena SiLPA, kalau kepala kampung sudah masukkan laporannya, maka kami siap ajukan pertanyaan. Kampung yang sudah memasukkan laporan, kami telah anggarkan,” katanya.

Menyoal carateker kakam, menurut Tekege, pihaknya telah menyiapkan prosedur dan dalam waktu dekat akan ada penunjukan.

“Kami juga telah siapkan perbup tentang pilkades. Karena tidak ada perda pilkades, sehingga kami sedang siapkan regulasi untuk pemilihan. Nanti kita bahas bersama,” ujarnya.

Selain Ketua Komisi A DPRD Dogiyai, pertemuan itu dihadiri Wakil Ketua Komisi A DPRD Dogiyai Yoseph Minai, Sekretaris Komisi A DPRD Dogiyai Sepanya Agapa, anggota Melianus Woge dan Paskalis Douw. Sementara dari DPMK dihadiri Kepala Dinas DPMK Damiana Tekege dan Kepala Bidang Pemerintahan Marsela Tatogo. (*)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top