DPRD Merauke akan dorong komoditi singkong

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Merauke, Jubi – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Merauke akan mendorong kepada pemerinah setempat agar mengembangkan kembali komoditi ubi kayu atau singkong. Karena struktur tanah yang sangat mendukung.

Hal itu disampaikan anggota DPRD Kabupaten Merauke, Heribertus Silubun kepada Jubi Jumat (24/3/2017). “Kita sudah melakukan studi banding selama satu minggu di Bandar Lampung. Ternyata di sana, salah satu komoditi unggulan adalah singkong. Dimana, semua masyarakat mengembangkan,” ungkapnya.

Pengembangan tanaman ubi kayu di Bandar Lampung, jelas dia, setelah adanya perusahan maupun pabrik yang siap menampung hasil mereka untuk diolah menjadi tepung.

“Kami melihat dukungan pemerintah sangat tinggi. Terus terang, luar biasa dan pendapatan setiap kepala keluarga, sangat jelas,” katanya.

Dijelaskan, jika melihat kwalitas ubi kayu di Bandar Lampung, sangat berbeda di bandingkan dengan Merauke. Pihaknya akan terus membangun komunikasi bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merauke agar tanaman singkong harus dikembangkan. Karena struktur tanah yang mendukung.

“Memang kita memiliki andalan pertanian seperti padi. Namun, akan lebih baik jika ubi kayu juga ikut dikembangkan, lantaran memiliki prospek menjanjikan,” tutur dia.

Loading...
;

Hal serupa disampaikan Wakil Ketua DPRD Merauke, Marotus Solikah. “Ada manfaat besar yang kita dapatkan dengan melakukan studi banding di Bandar Lampung. Ternyata disana, ubi kayu menjadi primadona untuk dikembangkan,” katanya.

Ditambahkan, Merauke memiliki hamparan sangat luas dan belum dimanfaatkan dengan baik. Olehnya, pemerintah akan didorong agar bersama masyarakat mengembangkan singkong. Apalagi prosen tanam maupun rawat, tidak terlalu sulit. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top