HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

DPRD Nabire masih belum punya pimpinan tetap

Papua
Pelantikan DPRD Nabire periode 2019-2024, beberapa waktu lalu - Jubi/Titus Ruban.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Nabire, Jubi – DPRD Nabire sampai saat ini belum memiliki pimpinan definitif. Mereka masih menunggu surat keputusan gubernur mengenai penetapan ketua dan para wakil ketua DPRD tersebut.

“Kami sudah melayangkan usulan melalui Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nabire. Informasi yang kami terima, gubernur telah menandatangani SK (surat keputusan) tersebut, tetapi belum diterima oleh Pemkab Nabire,” kata Ketua Sementara DPRD Nabire Suyono, Rabu (10/6/2020).

DPRD Nabire masih belum punya pimpinan tetap 1 i Papua

Jika salinan asli SK itu sudah diterima, lanjutnya pihak Pemkab Nabire akan memerintahkan Sekretariat DPRD mempersiapkan pelantikan pimpinan mereka. “Kami hanya bisa menunggu (terbitnya) SK tersebut.”

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa, itu juga meyakinkan pimpinan sementara DPRD Nabire saat ini telah merampungkan pelbagai tugas mereka. Itu, di antaranya menyiapkan aturan tata tertib, pembentukan fraksi, dan mengusulkan calon ketua dan wakil ketua definitif, sesuai rekomendasi partai masing-masing.

Sekretaris Suku Wate di Kampung Oyehe Kurios B Duwiri menyayangkan belum ditetapkannya pimpinan definitif DPRD Nabire. Dia khawatir persoalan tersebut berdampak terhadap kinerja legislatif.

“Banyak persoalan masyarakat yang harus diselesaikan bersama (oleh DPRD dan Pemkab Nabire), terutama dalam menanggulangi dampak pandemi Covid-19. Belum lagi, persiapan pemilihan kepala daerah,” kata Duwiri.

Loading...
;

Berlarut-larutnya kepastian pelantikan pimpinan DPRD Nabire juga terjadi pada periode sebelumnya. Karena itu, Duwiri mendesak DPRD maupun Pemkab Nabire proaktif dalam memastikan pelantikan pimpinan legislatif setempat.

“Kewenangan pimpinan sementara itu terbatas. Misalnya, mereka tidak bisa mengelar dan memimpin sidang (pengambilan keputusan strategis daerah),” jelasnya. (*)

 

Editor: Aries Munandar

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pengumuman Lagu
"Tanah Papua"

Sehubungan dengan akan dilakukannya pendaftaran lagu “Tanah Papua” yang diciptakan oleh Bapak Yance Rumbino pada Direktorat kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, untuk itu disampaikan kepada seluruh pihak masyarakat yang mengklaim sebagai pencipta lagu “Tanah Papua”, diberi kesempatan untuk mengajukan klaim atau sanggahan lagu tersebut.

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa