Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

DPRD perjuangkan pemasaran ikan di Pulau Kimaam

Ilustrasi nelayan – Pexels.com.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – DPRD Merauke menemui pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di Jakarta. Mereka memperjuangkan fasilitas pemasaran ikan bagi nelayan di Pulau Kimaam.

“Tangkapan ikan nelayan terpaksa dikubur atau dibuang begitu saja (di Pulau Kimaam). Itu karena belum ada yang mampu menampung (pemasaran ikan) dalam jumlah banyak,” kata Wakil Ketua DPRD Merauke Dominikus Ulukyanan, Jumat (17/1/2020).

Pulau Kimaam meliputi Distrik Kimaam, Waan, dan Tabonji. Sewaktu PT Dwi Karya Reksa Abadi beroperasi di Wanam, Distrik Ilwayab, nelayan setempat sangat terbantu. Perusahaan penangkapan ikan tersebut sering membeli hasil tangkapan nelayan yang umumnya Orang Asli Papua, itu.

“Jadi, para nelayan sangat terbantu. Ikan tangkapan mereka tidak dibuang begitu saja (karena ada yang menampung penjualannya),” ujar Ulukyanan yang memimpin rombongan DPRD Merauke saat ke KKP.

Kapal milik PT Dwi Karya Reksa Abadi juga membawa sejumlah barang kebutuhan pokok saat berlayar. Nelayan setempat pun dapat langsung membelanjakan uang hasil penjualan ikan mereka.

Pihak KKP dalam pertemuan tersebut memastikan PT Dwi Karya Reksa Abadi bisa beroperasi kembali di Merauke. Semua persoalan yang membelit mereka selama ini telah diselesaikan.

Loading...
;

“Kapan saja perusahaan (ingin) beroperasi kembali, dipersilahkan. Sudah ada daftar putih (izin) dari KKP,” kata Ulukyanan.

Anggota DPRD Merauke Moses Kaibu menambahkan ikan laut merupakan salah satu potensi andalan di Pulau Kimaam. Namun, nelayan setempat sulit memasarkan hasil tangkapan mereka. “Kami berharap PT Dwi Karya Reksa Abadi beroperasi kembali sehingga bisa membeli ikan tangkapan nelayan.” (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca juga artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top