HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

DPRD Yahukimo diharapkan tidak selalu mengikuti kemauan eksekutif

Anggota DPRD Yahukimo usai pelantikan - Jubi. Dok
DPRD Yahukimo diharapkan tidak selalu mengikuti kemauan eksekutif 1 i Papua
Anggota DPRD Yahukimo usai pelantikan – Jubi. Dok

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Makassar, Jubi – Legislator Papua dari daerah pemilihan Kabupaten Yahukimo, Yalimo dan Pegunungan Bintang, Natan Pahabol berharap 35 anggota DPRD Yahukimo periode 2019-2024 yang pada 18 Mei 2020, dapat melaksanakan tanggung jawab sesuai tugas, pokok dan fungsinya.

Pernyataan itu dikatakan Natan Pahabol kepada Jubi melalui panggilan telepon, Selasa (19/5/2020).

DPRD Yahukimo diharapkan tidak selalu mengikuti kemauan eksekutif 2 i Papua

Sekretaris Fraksi Gerindra DPR Papua itu mengingatkan para anggota DPRD Yahukimo tidak selalu mengikuti kemauan eksekutif jika tidak sesuai aturan atau tak menguntungkan masyarakat.

Katanya, masyarakat berharap agar anggota DPRD Yahukimo dapat mendorong terjadinya perubahan yang lebih baik dalam berbagai aspek di wilayah itu. Misalnya dalam pelayanan kesehatan, pendidikan, pemerintahan dan pengembangan sektor ekonomi.

“Jangan melupakan fungsi utama sebagai wakil rakyat. Fungsi anggaran,  legislasi dan pengawasan. Implementasikan tugas dan fungsi sesuai kondisi Kabupaten Yahukimo untuk menjawab harapan rakyat,” kata Natan Pahabol.

Menurutnya, DPRD mesti duduk bersama Pemkab Yahukimo sebagai mitra kerja merumuskan kebijakan pembangunan di daerah sesuai aturan Undang-Undang 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah.

“Jangan ikut arus pemerintahan jika tidak sesuai mekanisme dan tidak berpihak pada masyarakat. Tidak ada boleh ada sikap seperti itu dalam pemerintahan,” ujarnya.

Natan Pahabol berharap, anggota DPRD Yahukimo masa jabatan lima tahun mendatang dapat terus menjaga semangat kerjanya menyuarakan aspirasi masyarakat dan membantu pemerintah kabupaten menyelesaikan berbagai masalah yang kini dihadapi masyarakat setempat.

“Kita berharap anggota DPRD Yahukimo yang berasal dari berbagai partai politik dan latar belakang disiplin ilmu pengetahuan ini, tetap bersatu untuk kemajuan daerah,” ucapnya.

Ketua sementara DPRD Yahukimo, Momda Hosea Weipsa usai pelantikan sehari sebelumnya mengatakan salah satu tugas yang kini diembannya bersama wakil ketua sementara DPRD Yahukimo adalah mempersiapkan pembentukan alat kelengkapan dewan, tata tertib dewan dan workshop atau pembekalan kepada para anggota DPRD yang baru dilantik.

“Jika persiapan lambat, maka memperlambat terpilihnya ketua DPRD definitif. Maka tak jalan penanganan Covid-19 ini,” kata Waipsa.

Menurutnya, langkah percepatan pembentukan alat kelengkapan dewan dan tata tertib dewan harus dilakukan, karena selama ini penanganan Covid-19 hanya dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten bersama OPD, TNI, Polri dan solidaritas Covid di Yahukimo akibat diundurnya pelantikan yang seharusnya April, 2020.

“Masyarakat Yahukimo sedang membutuhkan kehadiran Ketua DPRD untuk mengawasi covid-19 yang sedang berlangsung ini,” ucapnya. (*)

Editor: Edho Sinaga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top