DPTb di Jayawijaya dibuka hingga 10 April

Logistik Pemilu di Jayawijaya - Jubi/Dok.
DPTb di Jayawijaya dibuka hingga 10 April 1 i Papua
Logistik Pemilu di Jayawijaya – Jubi/Dok.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Wamena, Jubi – Komisi Pemilihan Umum Jayawijaya memastikan kesempatan untuk warga yang pindah domisili dari kabupaten/kota lain ke Jayawijaya agar bisa mendapat hak untuk menyalurkan suara pada 17 April mendatang, masih dibuka hingga 10 April ini.

Ketua KPU Jayawijaya Sonimo Lani mengatakan, batas waktu bagi warga pindah pemilih atau warga yang masuk dalam daftar pemilih tambahan (DPTb) ini ditetapkan oleh KPU dan Bawaslu RI.

“Kita masih buka akses untuk siapa-siapa saja yang pindah daerah. Sampai di tanggal 10 kita tutup, jadi tidak ada proses pindah apa saja,” katanya, Sabtu (6/4/2019).

Pembukaan pendaftaran tahap pertama dan kedua DPTb sudah selesai dan telah dilakukan pleno, namun warga yang terdata jumlahnya tidak lebih dari belasan orang.

“Sekarang kita akan masuk pada DPTb tahap tiga. Nanti kita akan pleno pada tanggal 10 sekaligus tutup. Tahap pertama dan kedua ada yang pindah, baik masuk ke Jayawijaya maupun keluar. Sekitar 6-7 orang,” katanya.

Menurut nya, mereka yang masuk DPTb tidak punya hak untuk memilih calon DPRD di tempat pindah atau daerah tujuan, maupun DPR provinsi karena beda daerah pemilihan (dapil).

Loading...
;

“Jadi yang masuk hak mereka ada hanya tiga, yaitu milih DPR RI, DPD RI dan Presiden. Kami sudah sosialisasikan kepada parpol. Sementara untuk PPS nanti tanggal 10 diberi bimtek dan pelatihan khusus terkait metode perekapan dan perhitungan suara,” katanya.

Terkait surat suara untuk DPTb, ia memastikan tersedia di masing-masing TPS karena sudah dianjurkan untuk penyelenggara menyediakan dua persen surat suara dari jumlah pemilih di masing-masing TPS.

“Jadi ada tambahan enam surat suara saja dari masing-masing tempat pemungutan suara. Jadi orang yang pindah wajib tunjukkan kartu tanda penduduk saat hendak mencoblos,” katanya. (*)

Editor       : Edho Sinaga

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top