Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Dr Benny Giay akan bersaksi dalam sidang antirasisme

Ketua Sinode Kingmi di Tanah Papua, Pdt Benny Giay - JUBI
Dr Benny Giay akan bersaksi dalam sidang antirasisme 1 i Papua
Ketua Sinode Kingmi di Tanah Papua, Pdt Benny Giay – JUBI

Giay merupakan antropolog Papua, pernah menulis Antropologi dan juga ketua sinode KIGMI Papua.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Tokoh dan Intelektual Papua, Pdt Dr Benny Giay, akan bersaksi dalam sidang antirasisme. Ia diudang tim pegacara Orang Asli Papua untuk menjadi saksi ahli bagi beberapa terdakwa dalam sidang lanjutan pemeriksaan saksi ahli terkait demo menolak Rasisme di kota Jayapura pada 29 Agustus 2019 lalu.

Dr Benny Giay akan bersaksi dalam sidang antirasisme 2 i Papua

“Pemeriksaan saksi Ahli 1 ahli pidana & Pdt. Benny Giay dar sisi antropologi terkait isu rasisme terhadap OAP dan pembacaan sejumlah tuntutan,” kata Alo Renwarin, anggota tim pegacara Orang Asli Papua, Senin (20/01/2020) pagi.

Baca juga : Sidang unjuk rasa antirasisme Deiyai berlanjut ke pembuktian

Sidang kasus rasisme Deiyai belum bisa diputuskan, ini alasannya

Tim advokat OAP: polisi rintangi proses penyidikan atas perintah penetapan tersangka demo anti rasisme

Loading...
;

Menurut Alo Renwarin, Giay diminta kesaksian yang menjelaskan tentang anak-anak Papua yang menjadi  tersangka dalam demonstrasi protes terhadap rasisme. Giay dihadirkan untuk menjelaskan tentang orang Papua secara umum dan cara  dalam menyampaikan aspirasi. Karena tuduhan terhadap para kliennya jauh dari kehidupan orang Papua dalam menyampaikan aspirasinya.

“Dia akan menjelaskan Atribut, spontanitas orang Papua menyampaikan aspirasinya dengan maksud dan gayanya. Yang namanya bakar-bakaran itu tidak ada dalam budaya Papua, itu ada yang rekayasa itu. Dia akan menjelaskan semua itu,”ujar  Renwarin menjelaskan.

Dia yakin Giay akan memberikan keterangan dengan baik karena dia bukan sekedar seorang pendeta tetapi dia adalah pemimpin Papua yang tahu benar soal karakter dan tradisi orang Papua.  Giay merupakan antropolog Papua, pernah menulis Antropologi dan juga ketua sinode KIGMI Papua. “Dua jabatan ini melekat pada dirinya,”ungkap Renwarin.

Sementara itu anggota majelis rakyat Papua, Pdt Nikolaus Degey menilai tim pegacara tidak salah memilih Giay sebagai saksi ahli.  “Dia seorang pemimpin gereja tetapi akademisi dan kemampuan akademiknya tidak diragukan lagi,” kata Degey. (*)

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top