Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Dua jenis pesawat disiapkan untuk subsidi penerbangan perintis Pegunungan Tengah

Peluncuran subsidi penerbangan perintis di Bandara Wamena, Rabu (15/1/2020). -Jubi/Islami

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Wamena, Jubi – Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Perhubungan Udara, kembali melanjutkan program angkutan subsidi penerbangan perintis yang diperuntukkan bagi wilayah Pegunungan Tengah Papua.

Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kelas I Wamena, Paryono mengatakan, di tahun ini ada 17 rute penerbangan perintis untuk melayani pos-pos yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

“Penerbangan perintis ini telah dilakukan sejak pekan lalu, namun baru diluncurkan, Rabu (15/1/2020),” kata Paryono kepada wartawan di Bandara Wamena.

Penerbangan perintis khusus untuk penumpang ini akan menggunakan dua jenis pesawat, yaitu Pilatus dan Karavan dan dioperasikan Maskapai Susi Air.

Untuk harga tiketnya sendiri, kata Paryono, UPBU Wamena telah menyiapkan daftar harga sesuai dengan rute dan ditempel di Bandara Wamena, agar bisa diketahui masyarakat.

“Kedua armada yang disiapkan ini semuanya siap di Bandara Wamena. Untuk yang jenis Pilatus muatannya hingga 750 kilogram, dan Karavan 850 kilogram, tetapi semua itu tergantung dari kondisi medan dan faktor lainnya, jadi bisa saja daya angkutnya dikurangi,” katanya.

Loading...
;

Sementara itu, Pelaksana Tugas Sekda Jayawijaya, Tinggal Wusono yang hadir dalam peluncuran penerbangan perintis itu, mengapresiasi apa yang menjadi kebijakan pemerintah pusat secara berkelanjutan ini.

“Saya berharap dapat disosialisasikan secara baik pada lokasi tertentu terutama di Bandara Enggolok, Distrik Trikora yang masuk dalam wilayah Jayawijaya, sehingga masyarakat bisa benar-benar memanfaatkan secara baik,” katanya.

Menurut dia, masyarakat sangat diuntungkan pertama terkait dengan harga yang sudah disubsidi oleh pemerintah, kedua ada kepastian dari sisi penerbangan pada lokasi yang dituju.

“Sehingga keterisolasian termasuk untuk dukungan logistik pada masyarakat dalam rangka pemenuhan kebutuhan masyarakat bisa dilakukan, terutama masyarakat yang ingin mengurus segala sesuatu ke kabupaten, bisa terfasilitasi dengan baik,” katanya. (*)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca juga artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top