Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Dua kampung di Distrik Bouwobado banjir diduga akibat penebangan hutan

Dua rumah warga Bouwobado yang terendam air. -Jubi/Dok. Naftali

| Papua No.1 News Portal | Jubi

Deiyai, Jubi – Dua kampung di Distrik Bouwobado, Kabupaten Deiyai, masing-masing Kampung Mudetadi dan Kali Putih dilanda banjir berturut-turut selama dua pekan.

Ketua Fraksi PKB DPRD Deiyai, Naftali Magai, mengatakan saat banjir ia berada di lokasi kejadian, pada 11 Juli 2020. Ia menjelaskan, sekitar pukul 22.00 WP terjadi hujan lebat sehingga dua sungai besar yaitu Kali Putih dan Kiura meluap.

Dua kampung di Distrik Bouwobado banjir diduga akibat penebangan hutan 1 i Papua

“Rumah-rumah warga rusak, delapan ekor babi hanyut, serta ruas jalan trans Mimika – Nabire juga sudah rusak total. Setelah saya telusuri, bencana itu diduga akibat kehadiran PT PAL, perusahaan ini melakukan penebangan hutan secara liar. Kini sekitaran Kampung Mudetadi menjadi sasaran banjir,” katanya, di Deiyai, Senin (3/8/2020).

Ia meminta Kementerian PU, DPU Provinsi Papua, PU Deiyai, PU Mimika, serta BPBD Deiyai dan Mimika memperhatikan dan menindaklanjuti warga yang menjadi korban banjir.

“Kami harap agar pemerintah terus memberikan perhatian yang serius, terutama soal kesehatan dan keselamatan warga di dua kampung ini. Harus membantu dan memperhatikan masyarakat dengan berbagai bantuan, termasuk pembangunan rumah layak huni,” katanya.

Ia juga menyalahkan pihak Bina Marga Provinsi Papua cabang Mimika, PT Panca Duta dan PT Indo yang menangani dan merintis jalan trans Mimika-Nabire. Magai beralasan bahwa ketika mulai pembangunan, belum dilakukan doa adat. “Kan secara historis, kita orang Papua, kalau gunung itu mau diapakan harus berdoa dahulu, minta izin dan damai dengan para penunggu tanah.”

Loading...
;

Sementara itu, Bupati Deiyai, Ateng Edowai, mengatakan baru-baru ini ia mengunjungi lokasi banjir sekaligus memberikan bantuan bahan makanan.

“Benar ada kejadian banjir di Bouwobado, saya baru kunjungi daerah itu. Jadi, kami pemerintah akan lakukan penanganan penuh hingga normalisasi kali,” katanya.

Selain itu, ia akan membantu obat-obatan untuk warga di dua kampung dan membangun kembali rumah warga, gereja dan persekolahan yang mengalami kerusakan. (*)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top