Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Dua kampung di Kaimana baru nikmati listrik

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Kaimana, Jubi – Setelah memasang jaringan tahun lalu dan sempat mengalami kendala, kini dua kampung di Kaimana, Papua Barat, yaitu Kampung Tangaroni dan Sisir bisa menikmati listrik.

Manajer PT PLN Ranting Kaimana, Seno Jain mengklaim ini sebagai kado natal sebab listrik dioperasikan pada Desember 2017.

Dua kampung di Kaimana baru nikmati listrik 1 i Papua

Setelah pihaknya menginformasikan kepada masyarakat soal adanya listrik, lanjut dia, pihaknya memberikan formulir untuk diisi. Bulan November 2016 kepala kampung pun mengusulkan penerangan listrik yang dimaksud.

“Pada bulan Desember 2017 dua kampung kami nyalakan di setiap rumah dan ini sebagai kado natal,” kata Seno kepada Jubi di ruang kerjanya, Jumat (10/3/2017).

 “Ketika saya ditugaskan di PLN ini saya coba benahi dari dalam, dan melihat hal itu, dan lakukan pendekatan dengan masyarakat dan Desember kami boleh alirkan arus listrik ke kampung tersebut,” lanjutnya.

Ia mengatakan puluhan rumah di dua kampung sudah pasang meter prabayar. “Berdasarkan data yang kepala kampung masukkan dan kami input, itu hampir semua rumah, dan itu kebijakan dari pemerintah kampung lewat dana desa,” katanya.

Loading...
;

Disinggung soal besaran daya yang digunakan untuk masing-masing rumah, ia mengatakan, daya yang digunakan adalah 900 VA-1.300 VA.

“Rata-rata 1.300 VA. Kalau yang 900 VA itu hanya beberapa,” katanya.

Listrik sempat bermasalah di beberapa distrik, seperti Distrik Arguni Atas (Bouver), Teluk Etna dan listrik desa (lisdes) di Kampung Lobo, Distrik Kaimana. Namun Seno mengaku masalah tersebut sudah dibenahi.

“Jadi, semua telah aktif dan rata-rata di sana juga gunakan meteran prabayar. Sudah tidak ada kendala, artinya kalau mau menyala ya harus isi pulsa lampu,” katanya.

Warga Kampung Tangaroni, Lukas ketika ditemui di terminal Korooy Kaimana mengaku bersyukur karena kampungnya bisa dialiri listrik. Memang selama ini ada genset desa, tapi baru menyala jika BBM tersedia.

“Jadi, kalau tidak ada (BBM), ya tidak bisa terang. Dengan adanya listrik masuk ke kampung, kami bisa ikuti berita aktual dan hiburan di TV,” kata Lukas. (Jacob Owen)

 

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top