Follow our news chanel

Previous
Next

Dua kelompok yang bertikai di Jayawijaya bersepakat damai

Papua
Pertemuan kedua belah pihak yang bertikai yang difasilitasi kepolisian resor Jayawijaya, Sabtu (22/8/2020) di Mapolres-Jubi/Islami.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Wamena, Jubi – Masyarakat kampung Wukahilapok, distrik Pelebaga dan kampung Meagama, distrik Hubikosi, Jayawijaya yang sempat bertikai,  akhirnya sepakat berdamai sejak Selasa (18/8/2020).

Hal ini setelah kepolisian resor Jayawijaya mencoba memfasilitasi kedua belah pihak untuk berdialog yang dilakukan di Mapolres, Sabtu (22/8/2020).

Kapolres Jayawijaya, AKBP Dominggus Rumaropen mengatakan, dari hasil dialog bersama ini kedua belah pihak sepakat berdamai dalam arti tidak akan lagi bentrok.

“Untuk kesepakatan mengenai denda adat, akan dibicarakan dulu di masing-masing Honai adat, dan Senin besok dijadwalkan akan kembali dipertemukan kedua belah pihak,” kata Rumaropen.

Ia mengkatakan, untuk antisipasi berkembangnya masalah tersebut, polisi sudah dua hari ini melakukan razia, patroli dan melakukan penyitaan terhadap benda tajam yang dibawa masyarakat.

“Baik di jalan menuju Meagama, kawasan menuju Pelebaga dan di sekitar kota pinggiran Wamena tepatnya di Honelama,” katanya.

Sedangkan untuk proses hukum sejauh ini, kata Rumaropen, polisi masih mendata para saksi, dan pelaku sementara dalam proses penyelidikan dan kemungkinan akan berkembang ke penyidikan.

Loading...
;

Kapolres juga menyebut jika persoalan sehingga terjadi bentrokan kedua belah pihak, hanya berdasarkan kecurigaan yang mengakibatkan meninggalnya dua orang, baik yang ditemukan di seputar Batalyon/756 WMS maupun di jalan Safri Darwin, Wamena.

“Ke depan kita harus bangun komunikasi dengan adat, agar pola-pola mencurigai secara adat ini sehingga mengakibatkan orang meninggal cuma-Cuma tidak terjadi lagi,” katanya.

Kepala Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jayawijaya, Pendeta Esmon Walilo yang hadir juga dalam pertemuan itu sehari sebelumnya mengatakan, pihaknya telah bertemu dengan kedua belah pihak yang bertikai.

“Kami sempat sampaikan agar kedua belah pihak bisa membuka diri untuk berdamai, dan puji Tuhan hari ini bisa terlaksana dengan baik dimana kedua belah pihak sepakat berdamai,” katanya. (*)

Editor: Edho Sinaga

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top