Follow our news chanel

Dua kepala suku hibahkan hutan sagu sebagai lumbung pangan

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Sentani, Jubi – Festival Sagu Papua (FSP) II di Kampung Kwadeware Distrik Waibhu Kabupaten Jayapura mendapat respons luar biasa dari pengunjung. Dalam kegiatan tersebut, Kepala Suku Kampung Kwadewar dan Kepala Suku Kampung Ifale menyatakan kesedian mereka untuk menyerahkan hutan sagu sebagai lumbung pangan bagi masyarakat.

“Hutan sagu kami luasnya 15 hektar, dan ini dikelola secara swadaya oleh marga Marweri, Marbase, dan Tungkoye,” jelas Kepala Suku Kwadeware Nikson Marweri saat ditemui di tempat kegiatan Festival Sagu II Kampung Kwadeware, Kamis (21/6/2018).

Menurutnya, hutan sagu yang selama ini menjadi tempat pangan masyarakat adalah anugerah Tuhan bagi mereka di Kampung Kwadeware.

“Hanya hutan sagu yang menjadi andalan kami, dan ini memang anugerah Tuhan bagi seluruh masyarakat kampung. Ke depan, kita berharap agar ada koordinasi dan sinergitas program pemerintah soal pangan dengan keberadaan hutan sagu kita,” ucapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Suku Kampung Ifale yang diwakili oleh Abhu Afa Alberth Suebu. Dikatakan hutan sagu milik Kampung Ifale seluas 25 hektar akan selalu dijaga dan dilestarikan menjadi lumbung pangan masyarakat. Ia berharap, ada perhatian dari Pemerintah untuk memberdayakan masyarakat agar lahan sagu dikelola secara optimal.

“Hutan seluas ini juga perlu ada sentuhan program dari pemerintah daerah melalui dinas terkait. Karena dalam hutan sagu kita tahu bisa juga dimanfaatkan untuk tanaman lain seperti pisang, sayur mayur dan lainnya,” ujar Suebu.

Loading...
;

Seperti diberitakan sebelumnya, Festival Sagu digelar di Kampung Kwadeware. Dalam kegiatan festival sagu kali ini ditampilkan aneka masakan yang terbuat dari sagu, yang didukung oleh para pegiat sagu se-Papua diantaranya Papua Junggle Chef, CPA Hirosi, KONOPA, Aktifis lingkungan se-Papua, musisi Papua, peneliti makanan lokal dari Norwegia, penggiat sagu Yapen,Merauke, dan Korowai, Javara. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top