Dua Puskesmas akan Diakreditasi

Puskesmas Kampung Harapan di Kabupaten Jayapura - Jubi/Yance Wenda
Puskesmas Kampung Harapan di Kabupaten Jayapura – Jubi/Yance Wenda

Sentani, Jubi – Dua Puskesmas di Kabupaten Jayapura, Papua akan diakreditasi tahun ini yaitu Puskesmas Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur dan Puskesmas Dosai, Distrik Sentani Barat.

Akreditasi dua puskesmas tersebut dibahas dalam rapat koordinasi Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura bersama perwakilan seluruh puskesmas yang digelar di Sentani, Kamis (4/8/2016).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura Khairul Lie kepada Jubi di Sentani, Jumat (5/8/2016) mengatakan ada 700-an item yang menjadi persyaratan agar puskesmas mendapatkan akreditasi. Beberapa di antaranya, yaitu: upaya kesehatan masyarakat, upaya kesehatan perseorangan dan manajemen atau administrasinya.

“Masing-masing memiliki ratusan item,” katanya.

Ia mengakui puskesmas-puskesmas yang belum diakreditasi akan dilakukan secara bertahap. Maka tahun 2017 pihaknya berencana mengupayakan proses akreditasi tersebut.

Menurut Khairul Kabupaten Jayapura merupakan kabupaten pertama yang puskesmasnya mendapatkan akreditasi dari Pemerintah pusat.

Kepala Puskesmas Dosai, dr. Inda Lisyani mengatakan dengan adanya akreditasi puskesmas di Sentani Barat ini masyarakat dapat memanfaatkan pelayanan yang disediakan.

Loading...
;

Masyarakat juga dimintanya agar tetap memberikan kepercayaan kepada tenaga medis yang melayani masyarakat.

“Kunjungan terhadap pasien juga berupaya ditingkatkan,” kata dr. Inda.

Dokter Inda pun berharap pihak berwenang semisal kepala kampung dan distrik dapat memperhatikan kesejahteraan dan keamanan petugas saat bertugas. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top