HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Dua saksi sidang tiga mahasiswa terus mangkir, Hakim putuskan panggil paksa

Terdakwa tiga mahasiswa, Erik Aliknoe, Pende Mirin dan Yunus Aliknoe, dijemput mobil tahanan Jaksa seuasai persidangan di PN Manokwari. (Jubi/Hans Arnold Kapisa).
Dua saksi sidang tiga mahasiswa terus mangkir, Hakim putuskan panggil paksa 1 i Papua
Terdakwa tiga mahasiswa, Erik Aliknoe, Pende Mirin dan Yunus Aliknoe, dijemput mobil tahanan Jaksa seuasai persidangan di PN Manokwari. (Jubi/Hans Arnold Kapisa).

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Manokwari, Jubi – Sidang terdakwa tiga mahasiswa, Erik Aliknoe, Pende Mirin dan Yunus Aliknoe, dengan agenda keterangan saksi di Pengadilan Negeri Manokwari Kamis (19/3/2020) ditunda, berhubung dua orang saksi berinisial WAR dan TK berturut-turut mangkir dari panggilan Jaksa Penuntut Umum.

Ketua Majelis Hakim, Sonny A.B. Loemoerry selanjutnya menunda sidang tersebut, dan segera mengeluarkan penetapan pemanggilan saksi secara paksa, sebagaimana diatur dalam Pasal 159 ayat (2) KUHAP.

Dua saksi sidang tiga mahasiswa terus mangkir, Hakim putuskan panggil paksa 2 i Papua

“Sidang kami tunda, hingga 2 April 2020, sambil proses pemanggilan paksa terhadap saksi WAR dan TK,” kata Sonny.

Benoni A.Kombado, JPU Kejaksaan Negeri Manokwari, mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan pemanggilan secara patuh terhadap saksi WAR dan TK, namun dua kali tak diindahkan. Sehingga, panggilan ke tiga merupakan jemput paksa atas penetapan Hakim persidangan.

Sementara, Yan Christian Warinussy, ketua tim kuasa hukum terdakwa tiga mahasiswa, menyatakan bahwa WAR dan TK, adalah saksi yang diperiksa oleh Polisi dan kesaksian keduanya ada didalam berkas perkara kliennya. Sehingga secara hukum, kedua saksi wajib hadir di persidangan. (*)

Editor: Edho Sinaga

Loading...
;

 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pengumuman Lagu
"Tanah Papua"

Sehubungan dengan akan dilakukannya pendaftaran lagu “Tanah Papua” yang diciptakan oleh Bapak Yance Rumbino pada Direktorat kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, untuk itu disampaikan kepada seluruh pihak masyarakat yang mengklaim sebagai pencipta lagu “Tanah Papua”, diberi kesempatan untuk mengajukan klaim atau sanggahan lagu tersebut.