HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Dubes Tiongkok tanggapi soal Samoa tolak masuk enam warganya

Kedutaan Besar Tiongkok di Suva menanggapi keputusan Samoa menolak enam warganya yang tidak memiliki sertifikat kesehatan. - RNZI
Dubes Tiongkok tanggapi soal Samoa tolak masuk enam warganya 1 i Papua
Kedutaan Besar Tiongkok di Suva menanggapi keputusan Samoa menolak enam warganya yang tidak memiliki sertifikat kesehatan. – RNZI

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Suva, Jubi – Kedutaan Besar Tiongkok di Suva telah menanggapi keputusan Samoa yang menolak enam orang Tiongkok memasuki negara itu karena tidak memiliki sertifikat kesehatan.

Keenam orang itu ditolak di Apia, awal pekan ini, setelah Samoa membatasi akses masuk bagi warga negara Tiongkok yang mungkin terinfeksi oleh atau membawa virus Corona.

Dubes Tiongkok tanggapi soal Samoa tolak masuk enam warganya 2 i Papua

Duta Besar Tiongkok untuk Fiji, Qian Bo berkata ini merupakan langkah tergesa-gesa oleh pemerintah Samoa. “Mungkin kita perlu mempertimbangkan kerugian dan keuntungannya. Tidak semua orang yang tidak memiliki bukti kesehatan itu punya masalah kesehatan atau terduga kasus virus Corona. Jadi alasan keenam warga negara Tiongkok yang ditolak masuk ke Samoa itu tidak sepenuhnya benar.”

Keenamnya masih berada di karantina di Nadi dimana pemerintah setempat masih menunggu hasil uji tes medis mereka. Kementerian Kesehatan Fiji telah menerangkan bahwa, untuk sementara waktu, hanya segelintir staf medis yang diberikan akses ke orang-orang ini.

Sementara itu Samoa Observer melaporkan sepasang warga negara Amerika Serikat telah ditolak dari Samoa pada Selasa (28/1/2020), juga setelah pihak berwenang memperketat larangannya di Samoa akibat penyebaran virus Corona.

Pasangan itu dihentikan di Bandara Internasional Faleolo karena diduga memiliki gejala-gejala demam tinggi ketika mereka mendarat dari Samoa Amerika. Mereka segera dikirim kembali ke Pago Pago.

Direktur Kesehatan Samoa Amerika, Motusa Tuileama Nua, membenarkan bahwa pasangan AS itu ditolak di Faleolo dan mereka sekarang dikarantina di Samoa Amerika. (FBC News)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pengumuman Lagu
"Tanah Papua"

Sehubungan dengan akan dilakukannya pendaftaran lagu “Tanah Papua” yang diciptakan oleh Bapak Yance Rumbino pada Direktorat kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, untuk itu disampaikan kepada seluruh pihak masyarakat yang mengklaim sebagai pencipta lagu “Tanah Papua”, diberi kesempatan untuk mengajukan klaim atau sanggahan lagu tersebut.