Dugaan aliran dana Bansos Covid-19. Gibran tantang pembuktian

Dugaan Korupsi, Papua
Foto Ilustrasi, penyelidikan kasus korupsi - pixabay.com

Papua No.1 News Portal | Jubi

Jakarta, Jubi – Putra sulung Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka menantang pembuktian terkait tudingan dirinya terlibat dalam tindakan korupsi dana bantuan sosial (Bansos) Covid-19.  Gibran membantah telah merekomendasikan PT Sri Rejeki Isman (Sritex) untuk mengerjakan pembuatan tas kain (goodie bag) Bansos Covid-19 tersebut.

“Itu tak benar itu. Saya itu tidak pernah merekomendasikan atau memerintah atau ikut campur dalam urusan bansos ini. Itu berita yang tidak benar,” kata Gibran.

Baca juga : Aliran suap Bansos diduga ke partai, ini pernyataan pimpinan PDIP

Korupsi dana bansos covid-19, pidana menanti  

Buruh perempuan sulit memenuhi kebutuhan karena tak dapat Bansos

Ia mengaku bahkan tak pernah bertemu dengan menteri sosial Juliari Batubara yang sebelumnya telah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK, meskipun keduanya sama-sama politikus PDI Perjuangan. Gibran juga menampik kabar yang mengatakan hasil korupsi bansos Covid-19 dinikmati sejumlah calon kepala daerah yang diusung PDIP di Pilkada 2020, termasuk dirinya.

Loading...
;

“Kalau mau korupsi kenapa baru sekarang, enggak dulu-dulu? Kalau pengen proyek ya proyek yang lebih gede. PLN, Pertamina, jalan tol. Itu nilainya triliunan. Tapi, saya nggak pernah seperti itu,” kata Gibran yang baru saja memenangkan Pilkada Kota Solo 2020.

Pria yang sebelumnya dikenal sebagai pengusaha kuliner itu juga menantang pihak-pihak yang menuduh keterlibatan dirinya agar membuktikan klaim tersebut. Ia mengatakan siap ditangkap seandainya tudingan itu terbukti.

“Tangkap saja kalau salah. Tangkap saja kalau ada buktinya. Tapi saya tegaskan sekali lagi, saya tidak pernah ikut-ikut,” kata Gibran menegaskan.

Tercatat PT Sritex merupakan satu dari enam perusahaan yang ditunjuk Kemensos dalam proyek bansos. Ini berbeda rencana awal, seharusnya proyek digarap usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Pekerja menyusun bantuan paket sembako dari Presiden Joko Widodo di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (8/5/2020). Sebanyak 10 ribu paket sembako dari Presiden Joko Widodo siap didistribusikan kepada warga kurang mampu di daerah itu guna mengurangi beban ekonomi mereka di tengah wabah COVID-19.

Nama Gibran disebut terlibat Bansos dalam liputan investigasi majalah berita Tempo mengungkap kabar bahwa PT Sritex mendapat rekomendasi dari Gibran untuk mendapat peran dalam proyek tersebut.

Seperti Gibran, PT Sritex pun menampik pemberitaan tersebut. Dalam keterangan resminya, PT Sritex menegaskan penawaran pihaknya terlibat dalma pembuatan kantong Bansos Covid itu datang langsung dari Kementerian Sosial.

“PT Sri Rejeki Isman Tbk mendapatkan pemesanan tas goodiebag untuk bansos oleh Kemensos pada bulan April lalu. Inquiry tersebut diterima oleh pihak marketing kami langsung dari Kemensos dan telah diproses sesuai dengan prosedur yang berlaku,” kata Head of Corporate Communication Sritex Joy Citradewi. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top