HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Edy Klaus Kirihio akui namanya terdaftar, tapi tak ikut 61 tokoh bertemu Jokowi

Majelis Rakyat Papua Provinsi Papua Barat, saat dilantik oleh Mendagri pada November 2017. (Jubi/Hans Arnold Kapisa)
Edy Klaus Kirihio akui namanya terdaftar, tapi tak ikut 61 tokoh bertemu Jokowi 1 i Papua
Majelis Rakyat Papua Provinsi Papua Barat, saat dilantik oleh Mendagri pada November 2017. (Jubi/Hans Arnold Kapisa)

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Manokwari, Jubi – Wakil ketua pokja Agama Majelis Rakyat Papua Provinsi Papua Barat, Edy Klaus Kirihio, menepis berbagai tudingan terhadap dirinya setelah beredarnya nama-nama 61 tokoh Papua yang melakukan tatap muka dengan Presiden RI pada 10 September 2019 lalu.

Kepada Jubi, Kirihio mengakui bahwa awalnya, dia dihubungi untuk turut ambil bagian dalam tim 61 mewakili lembaga MRPB. Namun karena undangan tersebut bersifat pribadi dan bukan kepada Lembaga MRPB, sehingga niat untuk ikut pun diurungkan.

Edy Klaus Kirihio akui namanya terdaftar, tapi tak ikut 61 tokoh bertemu Jokowi 2 i Papua

“Saya memang dihubungi untuk ikut pertemuan itu, dan benar ada nama saya. Teteapi saya tidak ikut karena setelah saya koordinasi dengan pimpinan, seharusnya ada undangan resmi kepada lembaga MRPB,” ujarnya kepada Jubi, Senin (16/9/2019).

Dia juga mengaku terkejut setelah mengetahui bahwa tim 61 termasuk namanya yang didaftarkan untuk ketemu Presiden saat itu tidak diketahui oleh Gubernur Papua Barat, Ketua DPR, Ketua MRPB dan unsur Forkopimda di Papua Barat.

“Saya sempat terkejut bahwa pimpinan saya termasuk pak Gubernur dan unsur Forkopimda di Papua Barat tidak diundang dalam pertemuan tim 61 itu, makanya saya tidak ikut,” katanya.

Sebelumnya, ketua MRPB Maksi Nelson Ahoren juga menyayangkan pihak-pihak yang melakukan perekrutan tokoh Papua secara diam-diam, sehingga lembaga kultur Orang Asli Papua tidak dilibatkan.

Loading...
;

Bahkan, Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan sempat menyampaikan kekecewaannya, karena mengetahui telah adanya dialog mengatasnamakan orang Papua bersama Presiden Jokowi melalui siaran televisi.

“Selaku Gubernur Papua Barat, saya hanya menyaksikan pertemuan itu lewat siaran televisi,” ujar Mandacan kepada wartawan di Manokwari. (*)

 

Editor: Edho Sinaga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pengumuman Lagu
"Tanah Papua"

Sehubungan dengan akan dilakukannya pendaftaran lagu “Tanah Papua” yang diciptakan oleh Bapak Yance Rumbino pada Direktorat kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, untuk itu disampaikan kepada seluruh pihak masyarakat yang mengklaim sebagai pencipta lagu “Tanah Papua”, diberi kesempatan untuk mengajukan klaim atau sanggahan lagu tersebut.

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa