Follow our news chanel

Previous
Next

Ekskavator beroperasi, petugas kebersihan dialihkan ke permukiman

Ekskavator di TPS Jalan Dorem Kai, Kelurahan Samkai, Merauke - Jubi/Frans L Kobun.
Ekskavator beroperasi, petugas kebersihan dialihkan ke permukiman 1 i Papua
Ekskavator memuat sampah dari TPS Jalan Dorem Kai, Kelurahan Samkai, Merauke – Jubi/Frans L Kobun.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Merauke mengoperasikan ekskavator di tempat penampungan sementara (TPS) di Jalan Dorem Kai, Kelurahan Samkai. Alat berat tersebut untuk mempermudah pemuatan ke armada kebersihan yang bakal mengangkut sampah-sampah tersebut ke tempat pembuangan akhir (TPA) di Bokem.

“Volume sampah terus meningkat. Setiap hari mencapai 40 ton. Kami tidak bisa (lagi) menggunakan tenaga manusia (petugas) (untuk) mengangkut sampah ke mobil,” kata Kepala DLH Merauke Harmini kepada Jubi, Jumat (17/1/2020).

Sampah yang diangkut tersebut berupa limbah basah maupun kering. Peningkatan volume sampah itu terjadi seiring pertambahan penduduk di Merauke.

Harmini melanjutkan sebagian besar petugas di TPS Samkai dialihkan menjadi pengangkut sampah di lokasi permukiman maupun perkantoran, sejak ekskavator dioperasikan. Namun, dia tidak hafal jumlah petugas yang dialihkan penugasannya tersebut.

“Saya lupa jumlahnya, yang jelas tidak semuanya bekerja (lagi) di situ (di TPS Samkai). Sudah ada ekskavator yang menaikan sampah ke mobil  setiap hari,” katanya.

Jumlah pelanggan layanan angkutan sampah mencapai lebih dari 7.000 konsumen di Merauke. Mereka terdiri atas pelanggan perorangan dan instansi pemerintah maupun swasta. DLH Merauke menyiapkan kendaraan pengangkut sampah beserta petugas untuk melayani mereka setiap hari.

Loading...
;

Warga Kota Merauke Dominggus (40 tahun) berharap sampah diangkut setiap hari ke TPA. Selama ini sampah tersebut sering kali dibiarkan menumpuk hingga berhari-hari di TPS.

“Belum semua sampah diangkut (dari TPS ke TPA) sehingga menumpuk dalam beberapa hari terakhir. Ketika melintas,  aromanya sangat menyengat,” kata warga Jalan Dorem Kai, tersebut. (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top