Follow our news chanel

Previous
Next

Elsham Papua latih mahasiswa petakan isu HAM melalui kliping koran

Sejumlah mahasiswa saat dilatih oleh Elsham Papua untuk mendokumentasikan masalah Papua melalui kliping - Jubi/Agus Pabika.
Elsham Papua latih mahasiswa petakan isu HAM melalui kliping koran 1 i Papua
Sejumlah mahasiswa saat dilatih oleh Elsham Papua untuk mendokumentasikan masalah Papua melalui kliping – Jubi/Agus Pabika.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Lembaga Study Advokasi dan HAM (Elsham) Papua menggelar pelatihan membuat kliping dengan sistem exive. Kepada sejumlah mahasiswa di Kota Jayapura. Kegiatan ini bertemakan “Pelanggaran HAM Bidang Sipil Politik” yang berlangsung di Asrama Uncen Unit Mambruk (Sakura), Sabtu (05/10/2019).

Derek Windesi, Manajer Program Elsham Papua mengatakan, program ini merupakan bagian dari program dvisi informasi dan dokumentasi yang ada di Elsham Papua.

Menurutnya, sistem kliping dengan metode exive ini digunakan karena selaras dengan pemetaan dan pencatatan kejadian politik dan sipil serta pelanggaran HAM yang terjadi di Papua, yang bisa ditelusuri detail kasusnya, seperti yang tercatat dalam media massa khususnya koran.

“Teman-teman dari informasi dan dokumentasi ini, coba dilihat bagaimana koran-koran yang ada di kantor Elsham agar dimanfaatkan adik-adik mahasiswa yang ada di sini, sambil melatih mereka untuk mendokumentasikan informasi yang ada di koran menyangkut hal yang menjadi perhatian dari Elsham khususnya masalah hak asasi manusia (HAM),” katanya.

Ia mengatakan, kegiatan ini baru pertama kali dilakukan dengan melibatkan mahasiswa.

Sementara, Senior Asrama (UNCEN) Unit Mambruk, Albert Kafyar mengatakan, kegiatan ini menjadi pelajaran tersendiri bagi mereka, untuk memetakan masalah HAM di Papua, khususnya yang terekam media massa dan menjadi tinjauan Elsham selama ini.

Loading...
;

“Kami selaku salah satu senior asrama sangat berterimakasih karena kegiatan ini sangat positif buat adik-adik yang tinggal di asrama. Ini merupakan awal dan pengalaman ini bisa membuat adik-adik bermotivasi belajar melihat media dan bagaimana membuat rangkaian-rangkaian,” katanya.

Selain itu ia berharap, pelatihan ini juga bisa dikembangkan hingga ke tahapan penulisan sebuah berita dan memetakan isu terkait HAM, pendidikan, sosial hingga kesehatan.

“Kami juga berharap kepada Elsham Papua terus memberikan pelatihan seperti ini dan kegiatan hari ini bukan akhir tetapi awal, maka untuk kedepannya terus ditingkatkan,” ujarnya.

Editor: Edho Sinaga

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top