Elvis Tabuni berikan bantuan 7 ton beras untuk pengungsi Puncak

Pengungsi di Puncak, Papua
Foto ilustrasi, Elvis Tabuni saat menyerahkan bantuan kepada pengungsi di Puncak. - Dok. Pribadi

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Papua, Elvis Tabuni menyerahkan bantuan 7 ton beras bagi para warga sipil yang mengungsi ke Ilaga, ibu kota Kabupaten Puncak, Papua, Selasa (29/6/2021). Bantuan itu diberikan kepada pengungsi yang tersebar di enam distrik berbeda.

Tabuni menjelaskan bantuan itu ia berikan kepada para warga sipil yang masih mengungsi karena konflik bersenjata antara TNI/Polri dan Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) di Kabupaten Puncak. Eskalasi konflik bersenjata itu telah berlangsung sejak akhir April 2021.

“Imbas dari kontak senjata kelompok bersenjata dan TNI/Polri menimbulkan konflik berat, dan masyarakat mengungsi besar-besaran ke Ilaga. Dampaknya, masyarakat mengorbankan ternak dan kebunnya [karena tidak terurus],” kata Tabuni saat dihubungi Jubi melalui layanan pesan Whatsapp pada Rabu (30/6/2021).

Baca juga: Pengungsi Puncak mulai beraktivitas, tapi tetap tinggal di pengungsian

Penyerahan bantuan beras telah dilakukan pada Selasa di Ilaga. Beras itu akan dikirimkan beras ke Distrik Gome (1 ton), Distrik Omukia (1 ton), Distrik Ilaga Utara (1 ton), Distrik Gome Utara (1 ton), Distrik Mabugi (1 ton). Ia juga menyumbangkan 1 ton beras untuk Gereja GKII di Distrik Sinak, yang menjadi tempat mengungsi banyak warga Sinak.

“Saya kirim dari Timika, langsung ke Sinak, sebanyak 1 ton beras. Telah didistribusikan langung,” kata Tabuni.

Baca juga: 833 warga sipil Puncak masih mengungsi ke Mimika

Loading...
;

Tabuni bertekat ingin mengupayakan para pengungsi dapat segera pulang ke kampung halaman mereka. “Mari kita pulihkan Puncak, kembali melakukan aktivitas seperti biasanya,” ujar Tabuni yang pernah 18 tahun menjadi kepala desa di Puncak itu.

Secara terpisah, Asisten lII Kabupaten Puncak, Alpon Newegalen menyampaikan terima kasihnya kepada para kepala suku dan tokoh adat yang ikut menangani para warga sipil yang mengungsi karena konflik bersenjata di Puncak. Newegalen juga menyatakan terima kasihnya kepada Elvis Tabuni.

“Saya menyampaikan terimakasih kepada Saudara Elvis Tabuni yang telah memberi bantuan kepada masyarakat Puncak. Kepada seluruh kepala suku, agar mengimbau masyarakat pengungsi untuk kembali ke kampung, karena situasi telah kondusif,” kata Newegalen. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top