Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Empat bupati dan satu wali kota terpilih pilkada serentak 2017 dilantik

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

 

Jayapura, Jubi - Gubernur Papua, Lukas Enembe secara resmi melantik dan mengambil sumpah jabatan empat Bupati-Wakil Bupati dan satu Wali kota-Wakil Wali kota periode 2017 -2022, hasil pilkada serentak 2017 di Provinsi Papua. 
Pasangan yang dilantik adalah Wali kota dan Wakil Wali kota Jayapura, Benhur Tomi Mano-Rustam Saru, Bupati Lanny Jaya, Befa Yigibalom-Yemis Kogoya, Bupati Sarmi, Eduard Fonataba-Yosina T. Insyaf, Bupati Mappi, Kristosimus Yohanis Agawemu-Jaya Ibnu Suud, dan Bupati Nduga yakni Yairus Gwijangge-Wentius Nimiangge.
Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan berlangsung di Gedung Negara, Dok V Jayapura, Senin (22/5/2017), dihadiri jajaran Forkompimda Papua, para pimpinan SKPD/OPD, pimpinan partai politik, serta Muspida dan para pendukung/tim sukses dari kelima pasangan Bupati dan Wali kota terpilih.
Dalam arahannya, Gubernur Lukas Enembe menekankan bahwa tugas dan kewenanga masing-masing kepala daerah sudah jelas, untuk itu kerjasama yang baik sangat diperlukan dalam menjalankan roda pemerintahan di masing-masing daerah.
"Tugas wakil bupati dan wakil walikota adalah membantu kepala daerah dan melakukan evaluasi pemerintahan. Jadi jangan coba-coba ganggu bupati atau wali kota, sudah ada contoh wakil bupati coba jatuhkan bupati," katanya.
Ia katakan, ke depan ada sejumlah agenda penting yang jadi tanggung jawab para kepala daerah seperti persiapan Papua menjadi tuan rumah PON XX tahun 2020. Selain pemberantasan minuman beralkohol/miras yang selama ini menjadi pemicu berbagai bentuk tindakan kriminal di Papua.
"Para kepala daerah harus tindaklanjuti Perdasus soal pemberantasan miras ini, karena kita sudah buat kesepakatan bersama untuk tidak boleh ada lagi miras di tanah ini," ucapnya. 
Di samping itu, tugas yang harus juga menjadi perhatian setiap kepala daerah adalah soal rencana pendataan orang asli Papua. "Ini nanti kita akan rapatkan bersama para bupati walikota se-Papua akhir bulan ini," tambahnya.
Pada saat pelantikan, Gubernur Lukas Enembe juga menyampaikan terima kasih kepada aparat TNI Polri dan masyarakat yang telah mendukung pelaksanaan Pilkada serentak di lima kabupaten/kota.
Sekedar untuk diketahui, dari 11 kabupaten Kota yang melaksanakan Pilkada serentak di Papua, baru lima yang sudah dilantik kepala daerahnya, sedangkan enam lainnya  sampai saat ini masih bermasalah, tiga diantaranya melaksanakan Pemungutan Suara Ulang. (*)

 

 

 

 

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top