Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Empat Roket Hujani Basis Militer Irak yang Tampung Pasukan AS

Tentara Irak menembakkan roket ke arah militan ISIS di Mosul - (Antara/Reuters/Alaa Al-Marjani).

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jakarta, Jubi – Aparat berwenang Irak melaporkan pangkalan angkatan udara Al Taji yang menampung pasukan Amerika Serikat diterjang empat roket Katyusha pada Senin (27/7/2020).

“Berdasarkan informasi awal serangan rudal itu hanya menyebabkan kerusakan bangunan,” kata Kapten Ahmed Khalaf, kepada kantor berita Anadolu pada Selasa (28/7/2020).

Empat Roket Hujani Basis Militer Irak yang Tampung Pasukan AS 1 i Papua

Baca juga : Serangan roket di pangkalan Balad Irak lukai sejumlah orang  

Serangan roket di pangkalan Balad Irak lukai sejumlah orang

Baghdad kembali diserang roket

Ia menyatakan basis militer Irak itu terletak 85 kilometer dari utara Ibu Kota Baghdad. Menurut

Loading...
;

Khalaf pangkalan Al Tajj merupakan salah satu basis militer Irak yang turut menampung pasukan koalisi Amerika Serikat dan sejumlah negara lainnya.

Hingga kini, Khalaf masih menyelidiki serangan roket tersebut. “Belum ada pihak yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan tersebut,” kata Khalaf menambahkan.

Pada Juni lalu, tiga serangan roket terjadi dan menargetkan pasukan militer atau misi diplomatik asing di Irak, terutama pasukan Amerika Serikat.

Dua roket sempat menerjang halaman bandara Baghdad pada Pada pertengahan bulan lalu. Sebuah roket juga jatuh di dekat kedutaan besar AS di Baghdad dua hari setelahnya.

Sejak Oktober lalu, sedikitnya 30 serangan roket telah menargetkan pasukan dan misi diplomatik AS di Irak. Insiden ini turut merenggangkan relasi Washington dan Baghdad yang masih bernegosiasi tentang perdamaian di Afghanistan.

Kedua negara berharap dapat memajukan dialog strategis untuk menentukan masa depan relasi militer dan ekonomi mereka.  AS berjanji terus mengurangi jumlah pasukannya di Irak secara bertahap, sementara Baghdad berjanji melindungi personel militer Negeri Paman Sam yang masih beroperasi di negara tersebut.

Ketegangan kedua negara memuncak pada Januari lalu ketika serangan pesawat nirawak (drone) AS menerjang sebuah bandara di Baghdad dan menewaskan seorang jenderal ternama Iran, Qasem Soleimani, dan seorang komandan militer Irak, Abu Mahdi al-Muhandis.

Selama ini AS menuding serangan rudal dan roket yang menargetkan tentara dan misi diplomatiknya dilakukan oleh kelompok bersenjata Irak pro-Iran. Washington menyalahkan Irak karena tidak cukup melindungi misi AS di negaranya. (*)

CNN Indonesia

Editor : Edi Faisol

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top