Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Enam distrik pilot project distrik sebagai pusat pelayanan publik

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, saat melantik sejumlah kepala distrik di lingkup Pemerintah Kabupaten Jayapura - Jubi/Engel Wally 
Enam distrik pilot project distrik sebagai pusat pelayanan publik 1 i Papua
Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, saat melantik sejumlah kepala distrik di lingkup Pemerintah Kabupaten Jayapura – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Salah satu fokus program Pemerintah Kabupaten Jayapura tahun 2019 adalah menjadikan distrik sebagai pusat pemberdayaan, pelatihan, dan data.

Hal ini didasari dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat dan pelayanan publik yang harus dilakukan oleh pemerintah.

Enam distrik pilot project distrik sebagai pusat pelayanan publik 2 i Papua

“Kasihan mereka yang berada jauh (dari ibukota kabupaten) hanya untuk mengurus dokumen kependudukan dan lain sebagainya harus ke kantor bupati,” ujar Bupati Mathius Awoitauw, di Sentani, Kamis (15/8/2019).

Ia juga menyebutkan sudah ada enam distrik yang dijadikan sebagai pilot project program ini berdasarkan SK Bupati Nomor 188.4/Tahun 2019. Enam distrik tersebut adalah Sentani, Sentani Timur, Depapre, Nimboran, Demta, dan Kaureh.

Oleh sebab itu, lanjutnya, setiap perangkat pemerintahan di tingkat bawah sudah harus kreatif dan cepat dalam melakukan tugas dan tanggung jawabnya sebagai abdi negara. Pemerinah kabupaten juga terus menyuplai tenaga pegawai untuk mengisi kekosongan sebagai staf dalam pemerintahan distrik dan keluarahan.

“Sebelumnya sudah kami koordinasi dengan Bappenas, Badan Pemeriksa Keuangan, dan Inspektorat. Hal ini terkait program kerja dan penganggaran yang akan diturunkan ke pemerintah distrik,” jelasnya.

Loading...
;

Sementara itu, Kepala Distrik Sentani, Erol Yohanis Daisiu, mengatakan pihaknya sangat siap untuk hal tersebut. Pasalnya distrik saat ini sebagai ujung tombak pembangunan, tetapi untuk urusan kecil-kecil selalu larinya ke Gunung Merah (Kantor Bupati Jayapura-Red).

“Ini yang harus diubah sehingga pemberdayaan masyarakat lebih banyak dilibatkan dalam proses pembangunan. Regulasinya sudah ada, tinggal disosialisasikan langsung kepada pemerintah distrik, kelurahan, dan tentunya kepada masyarakat. Harapan kami, agar awal tahun depan sudah dapat diterapkan sehingga semua urusan yang menyangkut pelayanan kepada masyarakat tidak terlalu susah dan patokannya hanya kantor bupati, padahal distrik juga bagian dari pemerintahan daerah,” ungkapnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top